Senin 02 Sep 2024 10:33 WIB

Buka Peluang Petenis Indonesia Bersaing, Amman Gelar Kejuaraan Tenis Dunia di Bali

Seri 2 Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024 dimulai hari ini.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemenang seri 1 Amman Mineral Men
Foto: Istimewa
Pemenang seri 1 Amman Mineral Men

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejuaraan tenis bertaraf internasional Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 digelar di Nusa Dua, Bali, mulai 25 Agustus hingga 25 September 2024. Turnamen untuk petenis putra ini merupakan bagian dari rangkaian turnamen tetap International Tennis Federation (ITF).

Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 dibagi ke dalam empat seri dengan dua kategori yaitu M15 dan M25. Ajang ini diikuti sekitar 300 atlet tenis nasional dan mancanegara seperti Christopher Rungkat, Rifqi Fitriadi, Nathan Barki, Omar Jasika yang berperingkat 248 dunia, Jay Clarke, Blake Ellis, serta banyak lainnya.

Baca Juga

Seri pertama dimulai pada 25 Agustus hingga 1 September 2024 pada kategori M15 dengan total hadiah sebesar USD 15.000 atau sekira Rp 233 juta. Turnamen ini akan berlanjut ke seri kedua di kategori M25, dengan total hadiah USD 25.000 atau sekira Rp 388 juta, pada 2 hingga 8 September 2024.

Disusul seri ketiga pada 9 hingga 15 September 2024. Seri penutup dari rangkaian kompetisi Amman Men's World Tennis Championship 2024 akan digelar pada 16 hingga 25 September 2024 di kategori M15.

Kejuaraan ini didukung oleh sejumlah sponsor, antara lain PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN) sebagai sponsor utama, Bank BNI, Permata Bank, Injourney dan Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan turut didukung oleh The Nusa Dua, Dunlop, Eternal Plus, and Pocari Sweat.

Vice President Corporate Communications and Investor Relations AMMAN, Kartika Octaviana, menyampaikan dukungan untuk kompetisi ini merupakan wujud komitmen pihaknya membuka peluang bagi atlet tenis muda Indonesia bersaing di kancah internasional.

”Sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan warisan terbaik, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, salah satunya melalui olahraga. Melalui kejuaraan ini, kami berharap dapat membawa generasi muda Indonesia ke panggung global dan membuka peluang bagi petenis Indonesia untuk bersaing di level dunia,” ujar Kartika.

Kompetisi tenis bertaraf internasional ini sebelumnya terus diselenggarakan di Jakarta. Pada 2024 ini, Bali dipilih menjadi tuan rumah. Lani Sardadi, Direktur Turnamen AmmanMineral Men's World Tennis Championship 2024, menjelaskan bahwa perpindahan lokasi ini didasari oleh berbagai pertimbangan.

”Dengan adanya kompetisi tenis bertaraf internasional di Nusa Dua, Bali, diharapkan potensi pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata akan semakin terangkat melalui pariwisata olahraga (sport tourism). Kami juga tentunya berharap dengan adanya pergantian suasana, semangat dan performa para atlet tenis Indonesia yang bertanding semakin baik, sehingga dapat meningkatkan prestasi mereka di kompetisi taraf internasionalini,” ujar Lani.

Lani menambahkan bahwa apabila semua fasilitas pendukung, seperti clubhouse, selesai dibangun, maka berbagai turnamen tenis bertaraf internasional yang termasuk dalam kalender tetap ITF maupun ATP Tour diharapkan akan semakin sering dilaksanakan di Nusa Dua, Bali.

Kehadiran turnamen ini diharapkan mampu menjadi ajang olahraga yang efektif untuk memupuk mental yang kuat, sportivitas, disiplin, dan membawa nama Indonesia ke level yang lebih tinggi di kancah internasional.

Pemenang Seri 1 Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024.

Tunggal Putra:

Omar Jasika (Australia) vs Max Basing (Inggris) 6-3, 3-6, 7-6(2).

Ganda Putra:

Tibo Colson (Belgia)/Thijmen Loof (Belanda) vs Shintaro Imai (Jepang)/Moerani Bouzige (Australia) 6-4, 6-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement