Sabtu 31 Aug 2024 17:37 WIB

I Kadek Sumiarta Siap Berlaga di Final Jeunes Talents Escoffier di Paris

Saya sangat bersemangat untuk mewakili Indonesia di platform global yang bergengsi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Chef I Kadek Sumiarta.
Foto: Republika.co.id
Chef I Kadek Sumiarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef I Kadek Sumiarta dinobatkan sebagai pemenang bergengsi Escoffier Bakat Juenes, sebuah jompetisi untuk Indonesia bulan Mei 2022 dan Asia Pasifik pada November 2022. Dikenal juga sebagai Young Talents Escoffier, kompetisi tersebut berakhir babak fina di Paris pada November 2024.

Disciples Escoffier International didirikan pada 1954 untuk menghormati warisan Auguste Escoffier, seorang koki legendaris, penulis kuliner, dan pionir dalam industri santapan mewah. Saat ini, asosiasi tersebut memiliki lebih dari 30 ribu anggota koki dan profesional kuliner dari 30 negara.

Jalan Kadek untuk menjadi seorang profesional kuliner dipicu oleh pembelajaran tentang pengalaman sepupunya bekerja di dapur, dipadukan dengan hasratnya terhadap kreativitas yang berakar kuat pada warisan Bali. Dia memutuskan untuk menekuni karier di bidang kuliner dengan sepenuh hati menuangkan kecintaannya pada menggambar dan mengukir ke dalam kreasi kulinernya.

"Saya sangat bersemangat untuk mewakili Indonesia di platform global yang bergengsi ini," kata Kadek yang bekerja di The Apurva Kempinski Bali dikutip di Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Meski menghadapi tekanan untuk bersaing di level yang tinggi, Kadek tetap antusias dan tenang. Hal itu berkat mentornya yang mendorong rasa ingin tahu dan pola pikir positif yang meyakini adanya hal tersebut.

Perjalanan Kadek sebagai seorang seniman kuliner muda asal Bali hingga mendunia mendapat apresiasi dari Executive Chef di The Apurva Kempinski Bali, Yoann Mathy. "Semangat dan kreativitas Kadek di dapur sungguh luar biasa. Merupakan suatu kehormatan untuk membimbingnya bersama Chef Jean-Yves dan Chef Kit. Kami sangat senang melihatnya mewakili resor dan wilayah kami di Paris," kata Yoann.

General Manager di The Apurva Kempinski, Vincent Guironnet turut bangga dengan pencapaian Kadek. "erjalanannya dari Bali mewakili Indonesia, prestasi tersebut mencerminkan keunggulan yang kami perjuangkan. Kami yakin ia akan memberikan dampak yang besar di Paris," kata Vincent.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement