Sabtu 31 Aug 2024 16:34 WIB

Ingin Buat Partai, Pengamat: Ketokohan Anies akan Diuji

Anies dinilai akan buat ormas terlebih dahulu sebelum membentuk parpol.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan peluang dirinya untuk membuat organisasi masyarakat (ormas) atau partai politik baru. Hal tersebut diungkapkan usai mantan calon presiden itu gagal maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyambut baik rencana Anies untuk membuat ormas atau partai politik. Menurut dia, langkah itu dapat menjadi momen pembuktian ketokohan Anies di kancah politik nasional. 

Baca Juga

"Dari situ, dia akan teruji bagus tidak kepemimpinannnya. Itu kan akan dilihat," kata dia saat dihubungi Republika, Sabtu (31/8/2024).

Ujang menilai, membuat partai politik bukanlah hal mudah. Sebab, dibutuhkan biaya yang besar dan jaringan luas untuk membuat partai politik.

Selain itu, proses verifikasi untuk partai politik bisa ikut dalam pemilihan umum (pemilu) juga tidak mudah. Pun bisa ikut pemilu, partai baru juga belum tentu bisa lolos ke parlemen. Apalagi ketika parliamentary threshold (PTa) masih dipatok sebesar 4 persen.

"Kan sama dengan partai-partai yang baru berdiri, dalam 10 tahun terakhir, tidak ada partai baru yang bisa lolos ke parlemen, apalagi kalau PT masih 4 persen," kata dia.

Karena itu, Ujang menilai, langkah Anies untuk membuat partai politik adalah salah satu sarana untuk menguji ketokohannya. Apabila benar-benar bisa dilakukan, artinya ketokohan Anies sudah dapat teruji.

"Itu akan diuji ketokohannya ketika dia membuat partai. Kita tunggu sukses atau tidaknya," kata dia.

Ujang memprediksi, Anies akan membuat ormas terlebih dahulu sebelum mendirikan partai. Hal itu akan seperti langkah Surya Paloh yang membuat Nasdem sebagai ormas sebelum mendeklarasikannya menjadi partai politik. "Anies kelihatannya akan meniru seperti itu. Buat ormas, kalau bisa besar, bikin partai," ujar Ujang. 

Sebelumnya, Anies memberikan sinyal untuk membentuk ormas atau bahkan partai politik. Hal itu disampaikan langsung melalui akun YouTube pribadinya.

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang semakin hari semakin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," ujar Anies lewat kanal Youtube pribadinya, dikutip Jumat (30/8/2024). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement