Rabu 28 Aug 2024 13:46 WIB

Ini Tokoh yang Berpeluang Dipilih Gerindra Gantikan Riza Patria untuk Pilkada Tangsel

Ahmad Riza Patria mundur dari pencalonan gubernur di Pilkada Tangsel.

Ketua DPD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra Ariza Patria.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua DPD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra Ariza Patria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut partainya membuka peluang untuk mengusung Benyamin Davnie pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 jika Ahmad Riza Patria benar mundur dari pencalonannya sebagai bakal calon wali kota. Habiburokhman juga membuka peluang partainya untuk mengusung calon lainnya selain Benyamin Davnie pada Pilkada Tangsel 2024.

"Ya, kemungkinan sih ada dua situasi ya, apakah kami akan mendukung Benyamin Davnie atau mengusung calon baru," kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Baca Juga

Namun, dia meragukan bila Gerindra mengusung calon baru selain Benyamin Davnie yang merupakan petahana pada Pilkada Tangsel 2024 di sisa waktu pendaftaran pasangan calon Pilkada 2024.

"Dalam situasi yang demikian singkat, apakah mungkin pertanyaannya ya, mengusung calon baru yang tepat? Jadi kalau sekadar hanya mencalonkan kan takutnya enggak pas juga karena pencalonan ini kan pada akhirnya hitung-hitungannya harus kemenangan, bukan sekadar formalitas mencalonkan," tuturnya.

Untuk itu, dia menyebut keputusan Gerindra terkait dengan sosok yang akan diusung pada Pilkada Tangsel 2024 akan diambil dalam tempo 1 hari hingga 2 hari ke depan. Ia mengatakan bahwa keputusan terkait dengan sosok yang akan diusung pada Pilkada Tangsel 2024 akan dibicarakan Gerindra bersama partai politik lainnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Ya, tetap dibicarakan dengan KIM apakah mungkin dalam waktu yang sesingkat ini bisa mendapatkan nama baru," kata dia.

Sebelumnya, Habiburokhman memberikan isyarat akan kebenaran isu bahwa Ahmad Riza Patria mundur dari pencalonannya sebagai bakal calon wali kota pada Pilkada Tangsel 2024. "Kemungkinan besar benar ya, tetapi apa 100 persen benar atau 100 persennya salah, kita lihat hari ini dan besok ya," ujarnya.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani juga mengonfirmasi kabar mundurnya Riza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel 2024. Dia menyebut Partai Demokrat pun mengalihkan dukungannya kepada Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan pada Pilkada Tangsel 2024.

"Informasi mundurnya Pak Ariza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar. Oleh karena itu, terjadi peralihan dukungan pada Pilkada Tangsel dari Riza-Marsel menjadi Benyamin-Pilar. Ini dinamika yang lazim terjadi pada pilkada, sering perubahan dan pergeseran itu terjadi pada menit-menit terakhir," kata Kamhar dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada Ahad (25/8/2024), PDI Perjuangan secara resmi mengusung pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan pada Pilkada Tangsel 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement