Rabu 28 Aug 2024 07:22 WIB

Israel Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Tepi Barat

Pejuang Palestina melakukan perlawanan sengit di Tepi Barat.

Pejuang bersenjata Palestina menghadiri pemakaman seorang komandan lokal di kelompok Jihad Islam di kota Jenin, Tepi Barat, Jumat, 27 Oktober 2023.
Foto: AP Photo/Majdi Mohammed
Pejuang bersenjata Palestina menghadiri pemakaman seorang komandan lokal di kelompok Jihad Islam di kota Jenin, Tepi Barat, Jumat, 27 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT – Pasukan penjajahan Israel (IDF) melancarkan operasi militer besar-besaran ke Tepi Barat. Pejuang Palestina melakukan perlawanan sengit terhadap operasi militer terbesar sejak 2002 tersebut.

Tentara pendudukan Israel mengatakan bahwa mereka telah melancarkan operasi militer skala besar yang menargetkan militan di Jenin, Tulkarem dan Tubas di Tepi Barat yang diduduki. Sementara faksi perlawanan Palestina mengumumkan bahwa mereka telah menghadapi serangan tersebut dan melakukan operasi kualitatif.

Baca Juga

Radio resmi Israel mengkonfirmasi bahwa operasi yang dilancarkan oleh tentara di Tepi Barat bagian utara adalah yang terbesar sejak Operasi Perisai Pertahanan pada tahun 2002, dan operasi tersebut dilakukan dengan partisipasi Angkatan Udara dan pasukan besar.

Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa operasi militer tersebut bersifat ekstensif dan berada pada tingkat divisi militer. Dikatakan bahwa dinas keamanan dalam negeri Israel (Shabak) dan pasukan rahasia bergabung dengan tentara dalam operasinya, dan menambahkan bahwa tentara menggunakan helikopter dan jet tempur secara ekstensif dalam operasi militernya.

Channel 14 Israel mengatakan bahwa tentara telah memobilisasi ribuan tentara dari unit khusus dalam persiapan untuk operasi skala besar di Tepi Barat utara, dan unit khusus dari tentara, penjaga perbatasan, dan unit yang berafiliasi dengan Shin Bet adalah berpartisipasi dalam operasi tersebut. Dipastikan bahwa sejumlah besar tentara tiba di kamp Far'a di Tubas dengan menggunakan helikopter militer.

Sementara itu, koresponden Aljazirah mengatakan bahwa operasi militer dilakukan dengan partisipasi berbagai unit tentara dan dengan dukungan helikopter dan drone, termasuk Jenin, Tubas dan Tulkarm, dan pejuang perlawanan menargetkan pasukan pendudukan dengan serangan lokal. alat peledak yang dibuat dengan daya ledak tinggi di sekitar kamp Nour Shams di Tulkarem.

Reporter tersebut juga berbicara tentang bentrokan dan ledakan dengan alat peledak di kota Salem, Qasra, dan Beit Furik, selatan dan timur kota Nablus, serta di kota Tubas dan kamp Far'a, serta di kota dan kamp Jenin dan kota Silat al-Harithiya dan Qabatiya.

Brigade Al-Quds, yang berafiliasi dengan Gerakan Jihad Islam, mengumumkan bahwa "mujahidin kami menargetkan pasukan infanteri musuh dengan alat peledak berkekuatan tinggi di kamp Nour Shams."

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan kematian seorang warga Palestina dan cederanya tiga orang lainnya, salah satunya terluka parah, ketika pasukan pendudukan menyerbu kota Jenin di Tepi Barat bagian utara.

Koresponden Aljazirah mengatakan bentrokan bersenjata terjadi pada Selasa malam setelah unit khusus Israel ditemukan di kamp Jenin. Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan bahwa seorang pemuda terluka oleh peluru tentara Israel di sekitar Rumah Sakit Pemerintah Khalil Suleiman di Jenin.

Tepi Barat, yang telah diduduki oleh Israel sejak tahun 1967, telah mengalami peningkatan serangan sejak 2022, namun situasinya semakin meningkat sejak Israel melancarkan agresi brutal dan berkelanjutan 10 bulan yang lalu di Jalur Gaza.

Menurut sumber resmi Palestina, serangan Israel terhadap penduduk Tepi Barat telah menyebabkan lebih dari 640 orang syahid dan sekitar 5.400 orang terluka sejak 7 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement