Rabu 28 Aug 2024 05:57 WIB

Gol Dani Olmo Pastikan Barcelona Menang di Kandang Rayo Vallecano

Barcelona bangkit dari ketertinggalan untuk menyikat Vallecano 2-1 lewat gol Olmio.

Dani Olmo (tengah) merayakan golnya ke gawang Rayo Vallecano dalam lanjutan La Liga Spanyol yang memberikan Barcelona kemenangan 2-1.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Dani Olmo (tengah) merayakan golnya ke gawang Rayo Vallecano dalam lanjutan La Liga Spanyol yang memberikan Barcelona kemenangan 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gol pada menit-menit akhir dari pemain baru Dani Olmo memberi Barcelona kemenangan comeback 2-1 yang menegangkan di Rayo Vallecano pada Rabu (28/8/2024) dini hari WIB. Sang pemuncak klasemen La Liga Spanyol itu melanjutkan awal musim yang sempurna dengan meraih tiga kemenangan beruntun.

Olmo absen dalam dua pertandingan pertama Barcelona karena tidak didaftarkan akibat klub kesulitan mematuhi aturan Financial Fair Play (FFP) La Liga. Setelah berhadil didaftarkan, Olmo masuk dari bangku cadangan pada babak kedua untuk memberikan Barcelona semangat yang mereka butuhkan dalam debutnya setelah didatangkan dari RB Leipzig.

Baca Juga

Olmo mencetak gol kemenangan pada menit ke-82 memastikan Blaugrana meraih kemenangan comeback. Sebelumnya, gol Pedri melalui serangan balik pada menit ke-60 menyamakan skor usai kubu tuan rumah memimpin melalui Unai Lopez.

Kemenangan ini membuat Barcelona memuncaki klasemen dengan sembilan poin dari tiga pertandingan, unggul dua poin dari Villarreal yang berada di posisi kedua. Rayo berada di peringkat delapan dengan empat poin.

Vallecas bukan tempat yang menyenangkan bagi Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Raksasa Katalunya itu gagal memenangi pertandingan liga di stadion yang terletak di pinggiran kota Madrid ini sejak November 2018.

Rayo mendominasi jalannya pertandingan pada babak pertama dan unggul lebih dulu. Melalui serangan balik cepat yang diawali oleh Jorge de Frutos, ia memberi umpan kepada Lopez untuk mencetak gol pada menit kesembilan.

Alvaro Garcia dan Isi Palazon memiliki peluang bagus saat Rayo memulai pertandingan dengan agresif, menekan Barca dengan tinggi dan menyerang melalui counter attack.

Namun Barca tampil lebih hidup setelah jeda, dengan sang pelatih, Hansi Flick, memasukkan Olmo yang memiliki kemampuan serba bisa dari bangku cadangan.

Penampilan Olmo yang luar biasa di Euro 2024 ia tunjukkan bersama Narcelona. Dia melepaskan satu tembakan keras dari jarak jauh pada menit ke-57 yang membentur mistar gawang dan terus mengancam pertahanan Rayo.

Barca menyamakan kedudukan pada menit ke-60 berkat serangan balik cepat yang diawali oleh Pedri. Ia mengoper ke Raphinha di sisi kiri dan merangsek ke depan untuk menerima bola kembali dari rekan setimnya sebelum melepaskan tembakan ke pojok kanan bawah.

Barca mengira mereka telah mencetak gol kedua melalui Robert Lewandowski pada menit ke-71. Namun wasit Cesar Soto Grado menganulir upaya tersebut karena adanya pelanggaran dalam proses serangan yang terlihat dalam tinjauan VAR.

Olmo akhirnya memberi Barca kemenangan yang layak setelah kombinasi yang bagus dengan Lamine Yamal. Ia melaju ke garis byline sebelum memotong bola ke Olmo yang tidak terkawal di dalam kotak penalti, yang mencetak gol dengan tendangan melengkung ke tiang jauh.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement