Ahad 25 Aug 2024 13:37 WIB

Guardiola Semringah Haaland Langsung Tajam karena Absen di Euro 2024

Haaland mencetak hattrick dalam kemenangan City atas Ipswich.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester City Erling Haaland mencetak gol ke gawang Ipswich Town pada pekan kedua Liga Primer Inggris 2024/2025.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Penyerang Manchester City Erling Haaland mencetak gol ke gawang Ipswich Town pada pekan kedua Liga Primer Inggris 2024/2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegagalan Norwegia lolos ke putaran final Euro 2025 menjadi berkah tersamar untuk Erling Haaland dan Manchester. Karena tidak bermain sepanjang musim panas dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk membantu ayahnya menebang kayu, Haaland bugar pada awal musim dan langsung tajam di kotak penalti.

Dalam dua pertandingan Man City di Liga Primer Inggris, Haaland telah mencetak empat gol. Termasuk hattrick dalam kemenangan 4-1 atas Ipswich Town di Stadion Etihad, Sabtu (24/8/2024).

Baca Juga

Ini berarti dia telah memiliki dua kali lipat jumlah gol dari pemain lain, meskipun musim baru dimulai. Namun pelatih Man City Pep Guardiola sangat senang dengan penampilan Haaland yang terlihat sangat segar.

"Saya katakan beberapa pekan lalu bahwa ia merasa lebih baik dari musim-musim sebelumnya," ujar Guardiola dikutip dari BBC, Ahad (25/8/2024).

"Saya ingat dia mengatakan sebelumnya bahwa dia masih lelah, tetapi musim ini tanpa Euro dia tiba dengan sangat baik."

Guardiola menegaskan, tentu saja Haaland tidak bisa bermain dala. semua pertandingan hingga akhir musim. Namun, eks bintang Borussia Dortmund ini tahu betapa pentingnya dia mencetak begitu banyak gol untuk City.

Haaland telah finis sebagai pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris dalam dua musim awalnya di Inggris.

Dia mencetak 36 gol yang luar biasa pada musim 2022-23 dan 27 gol pada musim lalu. Jumlah tersebut masih lima gol lebih banyak dari siapa pun, meski sempat absen dalam beberapa pertandingan karena cedera.

Haaland kini hanya berjarak enam gol dari torehan 100 gol untuk City, jumlah yang lebih luar biasa mengingat ia baru memainkan 101 pertandingan.

"Angka-angka itu lelucon," kata Guardiola. "Dia bisa bersaing dalam hal gol dengan Ronaldo dan Messi."

"Itu adalah kekuatan yang luar biasa bagi kami dan kami sangat senang memilikinya, semoga dia bisa berada di sini selama bertahun-tahun." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement