Jumat 23 Aug 2024 19:01 WIB

Komjen Ahmad Luthfi: Pasangan Saya Gus Yasin, Bukan Kaesang

Luthfi pun mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Komjen Ahmad Luthfi saat menghadiri acara perpisahan di Markas Polda Jateng, Kota Semarang, Jumat (2/8/2024).
Foto: Republika/Kamran Dikarma
Komjen Ahmad Luthfi saat menghadiri acara perpisahan di Markas Polda Jateng, Kota Semarang, Jumat (2/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra resmi mengusung Komjen Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Gerindra juga memutuskan memasangkan Taj Yasin Maimoen sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Luthfi pun mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto dalam pencalonannya kali ini. Dia juga berterima kasih kepada Gerindra yang sudah memasangkannya dengan Taj Yasin, selaku wakil gubernur Jateng 2018-2023.

Baca Juga

"Ini merupakan kebanggaan bagi saya. Dan pasangan saya nanti, adalah Gus Taj Yasin Maimoen yang akan mengakselerasikan wilayah Jawa Tengah," kata Luthfi saat ditemui di Kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Semula Gerindra, akan memasangkan Kaesang Pangarep, sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai cawagub pendamping Luthfi. Namun, ia mengaku, tak mengetahui apa sebab Gerindra tak jadi menduetkannya dengan ketua umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut.

"Bukan, (pasangan saya) Gus Taj Yasin. Itu semua adalah komitmen partai, yang artinya perjalanan politik kita ditentukan oleh partai-partai pengusung," ucap Luthfi.

Menurut Luthfi, ia masih aktif sebagai perwira tinggi (pati) Polri bintang tiga. Dia masih menjabat sebagai irjen Kemendag, usai menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan kapolda Jateng pada bulan lalu. Hanya saja, Luthfi sebentar lagi akan pensiun dari kepolisian.

Dia pun tidak masalah harus melepas seragam Polri. "Kalau menurut peraturannya, kan setelah ada penetapan pasangan calon, baru saya bisa mengundurkan diri," kata Luthfi.

Adapun penetapan paslon untuk Pilkada Serentak 2024 pada 22 September 2024. Untuk pendaftaran paslon baru akan dibuka pada Selasa (27/8/2024), sampai Kamis (29/8/2024). Selain Gerindra, Luthfi juga mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, PSI, dan Golkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement