Sabtu 17 Aug 2024 06:22 WIB

Kesaksian Dokter Israel Ini Ungkap Perlakuan Buruk Militer Terhadap Tahanan Palestina

Israel perlakukan tahanan Palestina dengan bengis

Kondisi di Kamp Sde Teiman di Gurun Negev. Israel perlakukan tahanan Palestina dengan bengis
Foto: Twitter/X
Kondisi di Kamp Sde Teiman di Gurun Negev. Israel perlakukan tahanan Palestina dengan bengis

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL— Seorang dokter militer Israel telah memberikan laporan mengerikan tentang kondisi tidak manusiawi yang dihadapi oleh para tahanan Palestina di pusat penahanan Sde Teiman yang terkenal kejam di Israel selatan, lapor Anadolu Agency.

Baca Juga

Kesaksian dokter tersebut dipublikasikan oleh harian Israel, Haaretz, pada hari Jumat (17/8/2024), yang menyoroti perlakuan brutal yang terjadi di Gaza.

BACA JUGA: Wakil Aceh di Paskibraka Nasional 'Dipaksa' Lepas Jilbab?

Dokter yang tidak disebutkan namanya itu, yang bertugas di fasilitas tersebut selama musim dingin lalu, menggambarkan pemandangan yang mengerikan di dalam tenda-tenda medis.

“Dalam satu tenda rawat inap, tidak lebih dari 20 pasien. Keempat anggota tubuh mereka dibelenggu di ranjang besi tua, seperti yang digunakan di rumah sakit kami beberapa tahun yang lalu. Semua dalam keadaan sadar dan matanya ditutup sepanjang waktu,” kata dokter tersebut.

Dokter tersebut menceritakan bahwa banyak dari pasien yang baru saja menjalani operasi besar atau mengalami luka tembak, beberapa di antaranya terjadi beberapa jam sebelum mereka tiba di fasilitas tersebut.

“Setiap dokter tahu bahwa yang dibutuhkan orang seperti itu adalah satu atau dua hari dalam perawatan intensif dan kemudian dipindahkan ke bangsal. ... Tetapi orang tersebut dikirim ke sebuah kandang di Sde Teiman dua jam setelah operasi,” kata dokter tersebut.

Dokter juga melaporkan kasus pasien lain yang menderita infeksi sistemik - sepsis. “Dia dalam kondisi kritis dan, bahkan menurut protokol, dia seharusnya tidak berada di sana. Hanya pasien yang benar-benar stabil yang seharusnya dirawat di Sde Teiman. Tapi dia ada di sana dan mereka mengatakan tidak ada alternatif lain,” tambahnya.

“Menahan seseorang tanpa membiarkan mereka menggerakkan anggota tubuhnya, dengan mata tertutup, telanjang, di bawah perawatan, di tengah padang pasir... pada akhirnya, itu tidak kurang dari penyiksaan,” katanya.

Mengenang masa-masa di Sde Teiman, sang dokter berkata, “Semuanya terasa sangat surealis bagi saya, hanya seperempat jam perjalanan dari Be'er Sheva. Seperti, semua yang telah saya pelajari, selama bertahun-tahun di universitas dan di rumah sakit, bagaimana cara merawat orang - semua itu ada, tetapi di lingkungan di mana 20 orang ditahan dalam keadaan telanjang di dalam tenda. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa Anda bayangkan.”

Kesaksian dokter tersebut sejalan dengan laporan-laporan sebelumnya mengenai perlakuan buruk, termasuk penyiksaan, kekerasan seksual, dan pelanggaran lainnya di fasilitas Sde Teiman. 

Laporan-laporan ini...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement