Senin 12 Aug 2024 10:58 WIB

Kembali Berjaya di Olimpiade, China Tegaskan Status Sebagai Negara Adidaya

China hanya kalah di perhitungan perak dari AS di Olimpiade Paris.

Bendera Amerika Serikat (AS) dan China.
Foto:

 

Misi China dalam dunia olahraga, seperti dalam sektor-sektor lain, adalah menunjukkan keunggulan sistem bernegara mereka, khususnya terhadap liberalisme Barat pimpinan Amerika Serikat.

Misi ini sendiri menjadi energi tambahan dalam bagaimana China mengoptimalkan bonus demografi dan pencapaian ekonominya yang fantastis.

Sebagai salah satu adidaya paling berpengaruh selain AS, China perlu menguatkan citra dan pengaruh internasional mereka. Dan Olimpiade adalah salah satu panggung untuk menaikkan citra dan pengaruh internasional China.

China sadar betul pentas-pentas besar seperti Olimpiade adalah panggung untuk mengkomunikasikan kemajuan mereka dalam banyak hal, termasuk teknologi, infrastruktur, dan diplomasi kebudayaan, kepada dunia.

Mereka bahkan melihat Olimpiade sebagai katalisator untuk memperluas hubungan perdagangan dan membina kemitraan bisnis skala global.

Itu tak terkecuali dengan Olimpiade Paris 2024 di mana China melihat peluang-peluang bisnis perdagangan internasional, yang juga bagus untuk perusahaan-perusahaannya yang sudah mengglobal, atau perusahaan-perusahaan asing yang kebanyakan berkepentingan dengan China.

Ingat, hampir semua usaha global termasuk yang menjadi sponsor Olimpiade, menjadikan China sebagai pasar barang dan jasa yang seksi nan atraktif.

China sadar dengan insentif-insentif yang bisa didapatkan dari Olimpiade dan ajang-ajang olahraga. Tak heran, mereka serius mendorong atlet-atletnya berprestasi setinggi mungkin di arena olahraga, termasuk Olimpiade Paris 2024.

Mereka memiliki cetak biru pengembangan olahraga berorientasi hasil terbaik, tapi dengan proses yang keras dan komitmen yang kuat secara politik dan finansial.

China menggarap olahraga seserius menggarap sektor-sektor lain, karena hal ini ada kaitan dengan ambisi menjadi pemain global, pembawa kecenderungan, dan bahkan pencipta standar, yang di sisi lain bisa menunjukkan keunggulan ideologis, politik dan ekonomi sehingga dunia melihat China sebagai contoh sukses yang ideal nan lengkap.

Dalam kaitan itu pula, 40 medali emas, 27 medali perak dan 24 medali perunggu yang mereka peroleh dari Olimpiade Paris 2024 tak bisa dimaknai hanya sekadar soal medali dan olahraga.

Justru, pencapaian besar dalam olahraga adalah pesan bahwa China semakin kuat di segala hal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement