Ahad 11 Aug 2024 07:01 WIB

Cawalkot Bekasi Ajak Pulang Bareng Kakek yang Periksa Kesehatan

Tri Adhianto selenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis.

Cawalkot Bekasi Tri Adhianto (baju putih).  foto ilustrasi
Foto: istimewa/tangkapan layar
Cawalkot Bekasi Tri Adhianto (baju putih). foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA    Tak punya ongkos untuk pulang ke rumah, seorang kakek, Bah Adun (67 tahun) dianter pulang calon wali kota (cawalkot) Bekasi, Tri Adhianto.  Bah Adun rela jalan kaki sampai tiga kilo meter untuk bisa memeriksa kondisi kesehatannya.

Peristiwa ini berawal ketika Bah Adung usai mengikuti pemeriksaan kesehatan, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Sehat (Pesat).  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tri Adhianto ini diselenggarakan di Perumahan Bumi Makmur RT 006 RW003, Kelurahan Jati Makmur, pada Sabtu (10/8). 

Tri Adhianto yang memantau kegiatannya itu, melihat Bah Adun terlihat lelah  dan pucat duduk sendirian. Ia lalu menghampiri Bah Adun dan menanyakan kondisinya. “Kenapa pak, sedang sakit, atau kecapaian antri?” tanya cawalkot yang diusung PDIP, PKB, dan PSI itu, dalam siaran pers. 

Bah Adun yang awalnya tidak tahu kalau yang menyapanya adalah Tri Adhianto, menjelaskan kalau ia ikut pemeriksaan karena sering pusing dan pandangannya berasa kabur. Bah Adung juga menjelaskan kalau ia datang ke pemeriksaan kesehatan itu jalan kaki sekitar 3 kilo meter karena tidak ada ongkos. “Ini istirahat sebelum pulang,” kata Bah Adun.

Mendengar penjelasan Bah Adun, spontan Tri Adhianto langsung menawarkan diri untuk mengantarnya pulang.  “Ayo ikut saya saja. Biar saya antar sampai ke rumah Abah. Sekalian saya ingin tahu juga. Kenapa gak bilang ke panitia, kalau Abah ga punya ongkos pulang? Tapi ga apa-apa, sekarang saya antar saja ya,” kata dia. 

Tri Adhianto pun kemudian merangkul Bah Adun untuk diajak ke mobilnya, yang diparkir tak jauh dari lokasi kegiatan.

Setibanya di rumah Bah Adun di kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondokgede, Tri menyempatkan diri untuk mampir.  Ia pun tak lupa menitipkan sejumlah uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari Bah Adun. “Bah, ini ada sedikit rizki dari saya, semoga bermanfaat. Yang rajin periksa kesehatan dan jaga juga kesehatan. Nanti kalau ada apa-apa hubungi aja, sekretaris saya,” ungkap Tri.

Tri Adhianto yang dihubungi melalui telepon, usai mengantar Bah Adun mengatakan, itulah potret nasib warga di Bekasi yang harus menjadi ‘PR” bersama. Termasuk, para kandidat yang mau maju sebagai calon walikota di Bekasi.

Jika terpilih menjadi wali kota Bekasi, Tri berjanji masalah-masalah seperti di alami Bah Adun akan dia atasi. Termasuk, lanjut Tri, masalah penangan kesehatan yang sudah menjadi hak warga untuk menerimanya. “Inilah juga yang, antara lain, mendasari saya harus mengadakan kegiatan seperti ini. Salah satunya, pemeriksaan kesehatan gratis,” katanya.

Pada acara Pekan Sehat yang digelar sehari dari pagi sampai sore itu, disediakan layanan periksa darah, tensi, mata dan USG 2D untuk Ibu hamil. Ada pula Bazar UMKM dan Senam, serta permainan dengan berbagai hadiah yang menarik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement