Sabtu 03 Aug 2024 08:00 WIB

Zionis Bunuh Haniyeh, AS Bela Mati-matian Israel Siapkan Rudal Balistik Hadapi Iran

Menhan AS telah memerintahkan tambahan kapal penjelajah ke pusat komando di Timteng.

Bendera persekutuan Israel dan Amerika.
Foto:

Pernyataan Khamenei keluar beberapa jam setelah Haniyeh terbunuh pada Rabu (31/7/2024) dini hari waktu Teheran. Dilansir the Telegraph mengutip tiga pejabat dan dua anggota IRGC, Khamenei memberikan instruksi menyerang Israel dalam rapat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu.

Khamenei, yang memiliki kewenangan tertinggi termasuk dalam mendeklarasikan perang dan sekaligus komandan angkatan bersenjata Iran, telah menginstruksikan para komandan IRGC untuk menyiapkan rencana baik untuk melancarkan serangan dan bertahan jika peperangan nantinya meluas.

Dalam pernyataan kepada publik setelah kematian Haniyeh, Khamenei memberikan isyarat bahwa Iran akan melancarkan serangan secara langsung, sambil mengatakan, "Kita melihat pembalasan atas darahnya (Haniyeh) adalah kewajiban," karena pembunuhan terjadi di wilayah Republik Islam Iran.

Di Amerika Serikat, anggota Kongres dari Partai Republik Lisa McClain memuji Israel karena membunuh komandan Hamas Haniyeh dan Hizbullah Fuad Shukr, dan mengklaim bahwa “dunia lebih aman” setelah pembunuhan tersebut. Israel belum bertanggung jawab atas pembunuhan Haniyeh di Teheran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement