Selasa 17 Sep 2024 10:23 WIB

Media Israel Geleng-geleng Kepala, darimana Houthi Punya Rudal Hebat tak Terdeteksi Radar?

Houthi selama ini tidak memiliki industri rudal balistik sendiri.

Pendukung gerakan Houthi.
Foto: AP Photo/Osamah Abdulrahman
Pendukung gerakan Houthi.

REPUBLIKA.CO.ID, Media Israel, Jerusalem Post, dalam analisisnya bertanya-tanya mengapa kelompok sekelas Houthi Yaman mampu memiliki rudal hipersonik yang bisa menempuh jarak ribuan kilometer dalam hitungan menit hingga menyasar Israel. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun rudal sempat memicu ledakan dan kebakaran.  

"How did a Houthi missile evade Israeli and American hi-tech radar? (Bagaimana rudal Houthi bisa melewati radal canggih Amerika dan Israel)," demikian judul artikel tersebut. 

Baca Juga

Lewat tulisannya, Jerusalem Post menyebut, sebuah rudal Houthi tampaknya menghindari sistem deteksi canggih Israel pada Ahad pagi. Meskipun memiliki sistem yang canggih, rudal tersebut baru berhasil dijatuhkan setelah melewati wilayah udara Israel, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang potensi kegagalan dalam sistem keamanan yang ada.

Houthi selama ini tidak memiliki industri rudal balistik sendiri. Seluruh stok mereka berasal dari Iran. Apa yang dikenal di Yaman sebagai 'Tufan' pada dasarnya adalah rudal Ghadir Iran, yang merupakan pengembangan dari Shahab-3.

Selama 25 tahun, sistem Arrow telah dikembangkan Israel dan ditingkatkan untuk mencegat rudal tersebut. Rudal ini mempunyai jangkauan sekitar 2.000 km, cukup untuk menempuh jarak dari Yaman ke Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement