Senin 29 Jul 2024 16:13 WIB

Kalah dari Ganda Tuan Rumah, Rinov/Pitha Angkat Koper dari Olimpiade Paris 2024

Rinov/Pitha bermain dalam tekanan pada laga wajib menang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari beraksi di Olimpiade Paris.
Foto: PBSI/Badmintonphoto/Yohan Nonotte
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari beraksi di Olimpiade Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akhirnya harus angkat koper lebih cepat di Olimpiade Paris 2024. Kekalahan dari pasangan tuan rumah Tom Gicquel/Delphine Delrue 13-21, 15-21 dalam laga terakhir Grup A yang berlangsung Senin (29/7/2024) sore WIB membuat Rinov/Pitha gagal ke perempat final.

Pasangan Prancis sebenarnya sudah tidak memiliki peluang untuk lolos karena sudah dua kali kalah di laga awal Grup A, masing-masing dengan skor 2-0. Namun mereka tak mau kalah tampil di hadapan pendukung sendiri.

Baca Juga

Walau pasangan Prancis menang tetapi yang lolos ke babak perempat final dari grup A adalah pasangan China Zheng Si Wei/Huang Yaqiong dan pasangan Korea Selatan yang dikalahkan Rinov/Pitha di laga pertama yakni Kim Wonho/Jeong Naeun.

Dengan mengemban misi wajib menang agar dapat melaju ke babak perempat final, Rinov/Phita bermain seperti dalam tekanan pada awal gim pertama.

Sebuah pukulan Pitha yang tidak mengenai shuttle cock membuka skor 0-1. Pasangan Indonesia terus tertinggal setelah 2-3, ganda tuan rumah melaju hingga interval gim pertama 11-3.

Selepas jeda, bola tanggung Gicquel di smash Pitha 4-11. Setelah itu ganda Prancis melaju 13-5, 8-15, Rinov/Pitha memangkas jarak 11-15. Banyak kesalahan sendiri dari Ronov/Pitha membuat pasangan Prancis kembali menjauh 19-12. Akhirnya sebuah pengembalian melebar dari Pitha menyudahi gim ini 13-21.

Masukan dari pelatih Herry IP menjelang gim kedua untuk bermain lebih fokus tampaknya belum dapat dijalankan dengan baik. Rinov/Pitha tertinggal 2-4.

Kontrol bola yang tidak baik, serta sejumlah kesalahan, mengembalikan bola yang sering tanggung menjadi sasaran empuk lawan membuat Rinov/Pitha makin ketinggalan jauh 3-10 dan akhirnya menuju interval babak kedua dengan 4-11.

Empat poin beruntun diraih pasangan Indonesia selepas jeda gim kedua 8-11. Pasangan tuan rumah kembali diatas angin mereka melaju semakin jauh 17-10. Rinov/Pitha mencoba mendekat 13-17. Tetapi lawan kembali melaju hingga 20-13. Sebuah servis yang tidak sampai membuat pasangan Indonesia kalah 15-21 dan harus angkat koper lebih cepat.

Rinov/Pitha menyusul jejak ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang sudah dipastikan gagal lolos selepas menelan dua kali kekalahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement