Rabu 24 Jul 2024 06:49 WIB

PDIP Godok Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Maju Pilgub Jateng

Andika dinilai sebagai jenderal yang juga memiliki sifat simpatik.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Foto: Tangkapan Layar
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menggodok nama mantan panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa, untuk maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng). Hal itu diungkap Ketua DPD PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

“Sudah beredar di kalangan DPP (Dewan Pengurus Pusat) bahwa kemungkinan Pak Andika Perkasa akan dicalonkan, menjadi rumor, banyak yang mengusulkan lah,” kata Bambang saat ditemui awak media di Kantor DPD PDIP di Semarang, Jateng, Selasa (23/7/2024) malam. 

 

Kendati demikian, Bambang menambahkan, sejauh ini belum ada penetapan terkait hal tersebut. “Ini kan andai kata diajukan, itu tentu kita akan bekerja keras untuk memenangkan Pak Andika,” ucapnya. 

 

Bambang kemudian menyanjung sosok Andika Perkasa. Menurutnya, selain pensiunan jenderal bintang empat yang pernah menjabat sebagai panglima TNI, Andika juga memiliki sifat simpatik.

 

“Pak Andika Perkasa adalah sosok yang bisa membikin kita, kawan-kawan PDI, mungkin ada perasaan sedikit aman, nyaman. Begitu kira-kira,” ujar Bambang Pacul setelah ditanya tentang peluang Andika memenangkan pilgub Jateng. 

 

Saat ini salah satu nama yang sudah masuk dalam bursa bakal calon gubernur Jateng adalah Kapolda Jateng Ahmad Lutfi. Partai Gerindra telah secara resmi mengusungnya untuk maju dalam kontestasi pilgub Jateng.

 

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep juga disebut-sebut berpeluang ikut dalam pertarungan memperbutkan kursi nomor satu di Jateng. Partai NasDem sudah menyatakan siap mendukung Kaesang jika putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memtuskan terjun dalam pilgub Jateng. 

 

 Sebelumnya Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono, juga sudah masuk dalam radar bursa bakal calon gubernur Jateng. Namun namanya tergeser setelah Jokowi mengangkatnya sebagai wakil Menteri pertanian. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement