Selasa 23 Jul 2024 05:13 WIB

Alasan Nasdem tak Pilih Kader Internal, Tapi Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

DPP Nasdem telah resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai cagub Jakarta 2024.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan memberikan sambutan saat menghadiri acara tasyakuran Harlah ke-26 PKB di Jakarta, Ahad (21/7/2024). Harlah ke-26 PKB tersebut mengangkat tema Menang Pilkada Menangkan Rakyat.
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan memberikan sambutan saat menghadiri acara tasyakuran Harlah ke-26 PKB di Jakarta, Ahad (21/7/2024). Harlah ke-26 PKB tersebut mengangkat tema Menang Pilkada Menangkan Rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem memilih tidak mengusung kader internalnya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menjelaskan bahwa partainya lebih memilih mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024 lantaran sudah cukup merepresentasikan partai pimpinan Surya Paloh itu.

"Nasdem tidak mengusulkan sama sekali, tidak Sahroni, tidak Wibi Andrino dan tidak yang lain-lain sebagainya. Tapi ya cukup Anies saja, itu sudah representatif lah. Kan darahnya sudah biru juga," kata Willy di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Baca Juga

Awak media pun menanyakan alasan Nasdem memilih Anies karena sebelumnya beredar dua nama kader internal potensial untuk Pilkada Jakarta. Pasalnya, Nasdem mendorong dua kadernya, yaitu Bendahara Umum Ahmad Sahroni dan Ketua DPW Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino maju di Pilkada Jakarta.

"Anies itu karena Anies yang paling pantas. Anies yang paling konsisten, yang lain juga kita tanya Roni (Sahroni) tetap di DPR saja lah, Wibi alhamdulillah sebentar lagi jadi pimpinan DPRD, akan luar biasa, dan karier politiknya masih panjang. Tentu ini kenapa diputuskan kembali kepada Mas Anies," ujarnya.

Willy mengatakan, bahwa partainya menyerahkan keputusan calon wakil gubernur kepada Anies. Oleh karena itu, Anies dibebaskan untuk menentukan siapa sosok calon wakil gubernur pendampingnya.

Kendati demikian, nantinya sosok tersebut sudah melalui kesepakatan partai politik pengusung Anies.

"Kalau Nasdem terserah Mas Anies saja yang penting yang dua poin tadi dan kita duduk bersama-sama. Inilah pentingnya dialog, inilah pentingnya musyawarah untuk kemudian kita bisa saling mengisi dan mencari titik temu mencari benang merah. Siapa yang paling bisa diterima oleh semua pihak ini oleh semua pengusung ini untuk kemudian mendampingi Pak Anies," tutup Willy.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement