Senin 22 Jul 2024 21:57 WIB

Bekuk Persib 1-0, Borneo FC Tim Pertama Lolos ke Semifinal Piala Presiden 2024

Gol kemenangan Borneo FC tercipta saat injury time.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Piala Presiden 2024
Foto: dok Piala Presiden 2024
Piala Presiden 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo FC menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2024. Kepastian itu didapat setelah dalam laga yang berlangsung Senin (22/7/2024) di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Jawa Barat mengalahkan Persib Bandung 1-0.

Satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut dicetak pada masa injury time tepatnya menit 90+2 oleh Berguinho. Dengan hasil ini, Borneo kini mengoleksi nilai enam. Walau kalah di laga terakhir melawan PSM Makassar, Borneo FC tetap tak tergoyahkan menjuarai Grup A.

Baca Juga

Jalannya laga

Pelatih Bojan Hodak menurunkan kekuatan terbaik di depan dengan memasang Ciro Alves, David da Silva, dan pemain anyar Dimas Drajad. Laga baru berjalan dua menit, David da Silva sudah mendapatkan peluang dari umpan Beckham Putra. Namun, tandukannya masih melambung atas mistar gawang Nadeo Arga Winata.

Pada menit ketujuh, Maung mendapatkan peluang terbaik melalui Dimas Drajad yang menerima umpan dari David da Silva. Sayang, sontekan Dimas dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Nadeo.

Borneo FC mendapatkan kesempatan pertama melakukan tendangan ke arah gawang melalui Berguinho pada menit 14. Namun, bola masih bisa diamankan penjaga gawang Persib Kevin Mendoza.

Selepas 15 menit berjalan, Borneo FC mencoba balik menekan pertahanan Persib. Namun, para pemain belakang Pangeran Biru mampu mementahkan setiap serangan yang dilakukan pemain Borneo FC.

Usai cooling break, Bojan menarik Marc Klok digantikan Mateo Kocijan pada menit ke-33. Pada menit ke-41, Dimas dikartu kuning, menyusul empat menit kemudian Kocijan.

Setelah injury time lima menit, tetap tak ada gol tercipta. Peluang Dimas lewat tendangan dari dalam kotak penalti juga belum mampu menggetarkan gawang Borneo FC.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, kedua tim saling serang untuk menciptakan gol. Persib berhasil mendominasi pertandingan dengan beberapa kali menusuk lini pertahanan tim tuan rumah. Namun masih dapat diantispasi lini pertahanan lawan.

Menit ke-69, akselerasi Ciro Alves dari luar kotak penalti masih dapat digagalkan oleh kiper Nadeo Argawinata. Hingga menit ke-70, Persib masih kesulitan untuk menembus lini pertahanan Borneo.

Pada menit ke-79, Persib mendapatkan peluang lewat umpan silang dari Febri Hariyadi ke dalam kotak penalti tapi masih dapat diantisipasi Nadeo.

Delapan menit berselang, Febri Hariyadi kembali mendapatkan peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti, tapi masih belum menemui sasaran.

Pada menit-90+2 Borneo FC unggul lewat gol Berguinho dari percobaan di dalam kotak penalti yang tak bisa diantisipasi oleh Kevin Ray Mendoza. Borneo FC mengubah angka di papan skor menjadi 1-0.

Lima lima menit akhir injury time, Persib yang tertinggal keunggulan terus meningkatkan intensitas serangan. Namun berbagai upaya tersebut dapat diantisipasi oleh lini pertahanan lawan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Borneo FC (@borneofc.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement