Jumat 19 Jul 2024 16:04 WIB

Pakar: Peluang Koalisi NasDem-PKS Usung Ilham Habibie Terbuka Lebar

PKS anggap Ilham Habibie mampu memimpin Jabar.

Putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Putra Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar ilmu politik Universitas Padjadjaran Bandung Yusa Djuyandi mengatakan peluang koalisi Partai NasDem dengan Partai Keadilan Sejahtera untuk mengusung putra Presiden Ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, pada Pilkada Jabar sangat terbuka lebar.

"Alasannya, PKS sering membangun koalisi dengan rekan koalisi nasional," kata Yusa saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat, merujuk koalisi Pemilu 2024 antara NasDem, PKS, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga

Selain itu, ia mengatakan PKS anggap Ilham Habibie mampu memimpin Jabar, bukan sebatas dianggap cerdas.

"Sosok Ilham Habibie bukan nama asing di keluarga IPTN (PT Industri Pesawat Terbang Nusantara), sekarang PT DI (Dirgantara Indonesia). Dulu ayah Ilham adalah tokoh di IPTN yang berlokasi di Bandung. Banyak yang merasa dua orang ini bukan hanya cerdas, tetapi punya kontribusi," ujarnya mengenai sosok Ilham Habibie dan kaitannya dengan Jabar.

Sebelumnya, Partai NasDem menyodorkan Ilham Habibie ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta, Kamis (18/7), untuk diperkenalkan sebagai bakal calon gubernur yang diusung pada Pilkada Jabar Tahun 2024.

Ilham berkunjung ke PKS pada Kamis (18/7) pagi didampingi Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim untuk bertemu Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Mereka melakukan pertemuan sekitar 30 menit dan membahas sejumlah potensi kesepakatan politik.

"Tadi kita bicara Jawa Barat, mengapa Jawa Barat menjadi atensi kita, mengapa Jawa Barat jadi pilihan Kang Ilham dalam membenahi Indonesia menuju Indonesia Emas," kata Hermawi saat konferensi pers usai pertemuan.

Dia mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi terbesar yang memiliki sumber daya sangat besar. Dalam hal ini, kunjungan itu dilakukan untuk saling melengkapi dalam menghadapi Pilkada 2024.

"PKS, meskipun banyak kursi di Jawa Barat, ini tidak cukup, apalagi NasDem yang cuma delapan kursi. Jadi, kalau kita bisa ulangi kisah sukses koalisi di 01 (Pilpres 2024), kenapa tidak?” ucap Hermawi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement