Kamis 11 Jul 2024 18:59 WIB

Kopassus Siap Bekerja Sama dengan Angkatan Darat Filipina

KSAD Filipina Letjen Roy Galido bertemu Danjen Kopassus Mayjen Djon Afriandi, Kamis.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi bersama KSAD Filipina Letjen Roy Galido di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).
Foto: Dispen Kopassus
Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi bersama KSAD Filipina Letjen Roy Galido di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi membuka peluang untuk bekerja sama di bidang militer dengan Angkatan Darat (AD) Filipina. Djon saat menerima kunjungan Commanding General of the Philippine Army (KSAD Filipina) Letjen Roy Galido di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).

"Sebagai sahabat yang baik kami terbuka dan siap kerja sama yang panjang dengan Angkatan Darat Filipina," kata Djon dalam siaran pers Dinas Penerangan Kopassus yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca: KSAD Filipina Ingin Tingkatkan Kerja Sama dengan TNI AD

Berdasarkan siaran tersebut, dijelaskan, kunjungan Letjen Roy dilakukan dalam rangka membina hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina. Selain itu, Djon juga menyambut baik jika militer Filipina mau bertukar ilmu dan pengetahuan strategi perang dengan pasukannya.

Menurut Djon, pasukannya sudah terbiasa menimba ilmu kemiliteran dari beragam negara di berbagai benua. Program pelatihan itu dilakukan melalui berbagai cara dari mulai latihan bersama hingga peraturan prajurit dalam rangka program pendidikan.

Baca: Direktur Produksi PT PAL Indonesia Kini Dijabat Satriyo Bintoro

"Kami telah berpengalaman bekerja sama di bidang latihan dan pendidikan dengan berbagai negara di dunia, baik negara Asia, Eropa, Australia maupun negara belahan Benua Amerika," kata Djon.

Beragam pelatihan militer tersebut, lanjut Djon, sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan tempur pasukan Kopassus. Apalagi, Kopassus dikenal sebagai satuan yang kerap diturunkan dalam operasi khusus.

Baca: Pangkostrad Pimpin Sertijab Tiga Pamen di Makostrad Gambir

Dengan adanya pertemuan itu, Djon berharap, Kopassus dan AD Filipina dapat segera menggelar kerja sama militer bersama. Tujuannya demi meningkatkan kemampuan tempur masing-masing satuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement