Kamis 11 Jul 2024 06:39 WIB

Pemkot Yogya Siap Dukung Fun Bike 'Sehati untuk Bumi', Gelorakan Kontingen DIY di PON 2024

Ditargetkan 5.000 peserta akan mengikuti Fun Bike yang digelar KONI DIY dan Republika

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar Republika bersama KONI DIY,  pada 20 Juli 2024 mendatang.
Foto: KONI DIY
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar Republika bersama KONI DIY, pada 20 Juli 2024 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta siap mendukung pelaksanaan Fun Bike 'Sehati untuk Bumi' yang digelar di Lapangan Kenari, Kota Yogyakarta pada 20 Juli 2024. Acara yang digelar KONI DIY bersama Republika ini dalam rangka mendukung atlet dan kontingen DIY dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

“Pemkot Yogya siap memberikan dukungan dalam bentuk apa pun,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto dalam audiensi terkait Fun Bike dan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (10/7/2024). 

Sugeng menuturkan, pihaknya siap mendukung kelancaran penyelenggaraan kegiatan tersebut. Baik dari kepesertaan dengan mengikutsertakan ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta, maupun dari segi pengamanan selama acara berlangsung. 

“Apa pun yang dimungkinkan untuk (Pemerinta) Kota Yogya secara kewenangan siap untuk mendukung. Kita siap berkolaborasi, termasuk terkait pemanfaatan Lapangan Kenari,” ucap Sugeng. 

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat mengatakan, pihaknya siap melakukan pengamanan kegiatan tersebut mengingat banyaknya peserta yang akan berpartisipasi. Nantinya akan dikerahkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan, terutama di titik-titik yang akan dilewati selama Fun Bike ini berlangsung. 

“Kami siapkan juga penjagaan, personel (disebar) di titik-titik atau di simpang-simpang yang dilewati,” kata Octo. 

Ditargetkan sebanyak 5.000 peserta yang berkontribusi dalam Fun Bike ini. Rute yang akan dilewati mencapai 11 kilometer, dimana untuk start dan finish di Lapangan Kenari.

photo
Pj Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto (kiri), menerima jersey resmi Fun Bike Sehati untuk Bumi dari Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (10/7/2024). Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar KONI DIY dan Republika rencananya akan digelar 20 Juli 2024 mendatang di Lapangan Kenari Yogyakarta. Event Fun Bike ini juga sekaligus menjadi ajang fund raising para kontingen DIY yang akan berlaga pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada September 2024 mendatang. - (Republika/Fernan Rahadi)

 

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan, Fun Bike digelar untuk menggelorakan atlet dan kontingen DIY yang akan berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada September mendatang. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar dengan dukungan yang diberikan Pemkot Yogyakarta. 

“Alhamdulillah diterima Pak PJ, dan bagus penerimaannya, dan beliau juga berkomitmen untuk bisa menggerakkan semua lini yang berada di bawah Pemkot Yogya untuk berpartisipasi dalam Fun Bike,” kata Djoko.  

Fun Bike ini mengangkat tema ’Sehati untuk Bumi’ dengan tagline ‘Jogo Jogja’. Melalui tema ini, Fun Bike tidak hanya digelar untuk mendukung atlet dan kontingen DIY, namun juga mengangkat isu lingkungan.

“Jadi tidak hanya mendukung atlet dan kontingen kita, tapi juga mendukung isu-isu lingkungan seperti persoalan sampah di DIY,” ucap Djoko. 

Bagi masyarakat yang berkontribusi dalam kegiatan ini akan mendapatkan fasilitas seperti kaos, kupon undian, hiburan, hingga berbagai doorprize lainnya dengan biaya pendaftaran hanya Rp 50 ribu per orang. Doorprize yang diberikan berupa alat elektronik, voucher hotel berbintang, sepeda, bahkan sapi, dan masih banyak doorprize lainnya. 

Kegiatan Fun Bike 'Sehati untuk Bumi' ini di antaranya disponsori oleh Volta, PT Solusi Bangun Indonesia (Dynamix), Polygon, Mandiri Utama Finance, Dagangan, Kawan Lama Group (ACE), Rumah Zakat, Bea Cukai Yogyakarta, Agung Swalayan, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement