Senin 08 Jul 2024 10:51 WIB

Dari Imajinasi ke Realitas, Universitas BSI Kampus Bogor Gelar Workshop AI

Pemateri menjelaskan langkah memanfaatkan AI untuk mewujudkan imajinasi jadi karya.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor menggelar Workshop Digital Kreatif bertema Make Your Imaginary to be Reality Using AI.
Foto: dok Republika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor menggelar Workshop Digital Kreatif bertema Make Your Imaginary to be Reality Using AI.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Era digital udah di depan mata, dan siapa yang tidak mau jadi yang terdepan? Penguasaan teknologi Artificial Intelligence (AI) jadi salah satu keterampilan super penting buat mahasiswa zaman now.

Di tengah gempuran teknologi canggih ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor selalu sigap. Mereka siap mengasah keterampilan AI para mahasiswa baru lewat Workshop Digital Kreatif bertema ‘Make Your Imaginary to be Reality Using AI’ yang digelar pada Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga

Pagi itu, tepat pukul 09.00 WIB, Workshop Digital Kreatif resmi dibuka oleh moderator Lila Dini Utami. Suasana jadi makin khidmat ketika seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars BSI.

Sesi workshop dimulai dengan pemaparan dari Sugiono, dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika sekaligus Kepala Kampus Universitas BSI kampus Bogor. Sugiono menjelaskan bagaimana langkah-langkah memanfaatkan AI untuk mewujudkan imajinasi menjadi karya berbasis gambar.

Dengan bantuan aplikasi Bing AI, mahasiswa diajak untuk mendeskripsikan imajinasi mereka melalui prompt atau perintah yang diinputkan. Pokoknya, bikin imajinasi jadi nyata itu sekarang mungkin banget.

Tak hanya itu, acara ini juga makin seru dengan kehadiran alumni Universitas BSI kampus Bogor yang kini sukses jadi back-end developer di PT Telkom Tbk, Satrio Witcaksono. Satrio berbagi tips dan pengalaman serunya selama kuliah di Universitas BSI.

“Pengalaman kuliah di kampus digital kreatif Universitas BSI benar-benar ngebantu gue dalam karier saat ini. Jadi, jangan takut buat terus belajar dan eksplor teknologi baru,” kata Satrio dengan semangat.

Workshop ini benar-benar membuka mata para mahasiswa baru tentang betapa pentingnya penguasaan AI. Mulai dari teori dasar, dampak sosial, hingga etika penggunaan AI, semua dibahas tuntas. Tak hanya belajar algoritma dan teknik pemrograman canggih, mahasiswa Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif juga diajak memahami dampak AI terhadap masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement