Sabtu 06 Jul 2024 14:16 WIB

Reformis Masoud Pezeshkian Menangi Pilpres Iran

Masoud Pezeshkian mengalahkan saingannya dari Partai Konservatif, Saeed Jalili.

Kandidat untuk pemilihan presiden Iran Masoud Pezeshkian.
Foto:

Kemengan Pezeshkian sebelumnya telah diprediksi lewat jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Iranian Students Polling Agency (ISPA), yang berafiliasi dengan Pusat Akademik untuk Pendidikan, Budaya, dan Penelitian (ACECR). Dirilis pada Kamis (4/7/2024), jajak pendapat ISPA terbaru itu dilakukan pada 3 Juli, setelah dua debat presiden yang disiarkan di televisi, melalui wawancara langsung dengan sampel sebanyak 3.606 orang di seluruh Iran. Para responden berusia di atas 18 tahun.

Jajak pendapat ISPA saat itu memperkirakan Pezeshkian akan memperoleh 49,5 persen suara dalam pemilihan putaran kedua tersebut dibandingkan dengan 43,9 persen suara yang kemungkinan akan diperoleh Jalili. Hampir 4,8 persen pemilih belum menentukan kandidat pilihan mereka, menurut jajak pendapat tersebut, yang dapat memengaruhi hasil akhir.

Kedua kandidat, dalam dua debat yang disiarkan di televisi dan kegiatan kampanye mereka di lapangan, menyampaikan seruan yang penuh semangat untuk meningkatkan jumlah pemilih. Menurut jajak pendapat tersebut, 34 persen orang menonton debat presiden pertama pada Senin (1/7/2024), dan 39,8 persen menyaksikan debat keduanya pada Selasa (2/7/2024). Total 46,5 persen orang menonton sedikitnya salah satu debat di putaran kedua.

 

photo
Tiga Jurnalis Perempuan Iran Terima Penghargaan Kebebasan Pers Dunia - (Reuters)

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement