Sabtu 06 Jul 2024 01:46 WIB

Ini Elektabilitas Tokoh yang Digadang-gadang Maju di Pilgub Jateng Menurut Survei Terbaru

Survei Spin digelar pada 23 Juni hingga 1 Juli 2024.

Warga memasukan surat suara ke kotak suara. (Ilustrasi)
Foto:

Sedangkan nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berada pada peringkat kedua yang dipilih oleh 7,6 persen responden. Sedangkan pada peringkat ketiga diisi oleh nama Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang dipilih oleh 7,5 persen responden.

Lalu pada pertanyaan tertutup yang menyodorkan nama-nama, survei menghasilkan bahwa nama Ahmad Luthfi berada pada peringkat pertama yang dipilih oleh 17,5 responden seandainya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah diselenggarakan pada hari ini.

Sama dengan survei pertanyaan terbuka, pada survei pertanyaan tertutup tersebut nama Kaesang menduduki peringkat kedua yang dipilih oleh 11,1 persen responden. Lalu nama Taj Yasin pun menduduki peringkat ketiga yang dipilih oleh 9,7 persen responden. Igor menilai kenaikan elektabilitas Kapolda Jateng tersebut tak lepas dari peristiwa di Sukolilo, Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu, yang menarik perhatian publik luas dan berhasil diatensi dan ditangani oleh Ahmad Luthfi.

Meskipun demikian dia menilai Pilkada Jawa Tengah masih sangat dinamis dan masih terbuka lebar bagi para kandidat untuk keluar menjadi pemenang. Hal tersebut berdasarkan masih tingginya tingkat swing voters dibandingkan strong voters.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement