Kamis 04 Jul 2024 23:24 WIB

Trust Indonesia Apresiasi PKS Dukung Agung Nugroho Jadi Calon Wali Kota Pekanbaru

Trust Indonesia menilai popularitas dan elektabilitas Agung Nugroho tertinggi.

Bakal Calon Wali Kota Pekanbaru Agung Nugroho
Foto: dokpri
Bakal Calon Wali Kota Pekanbaru Agung Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trust Indonesia menyebut bakal Calon Walikota Pekanbaru Agung Nugroho layak mendapatkan dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju dalam Pilkada Kota Pekanbaru.

Direktur Riset Trust Indonesia, Ahmad Fadhli menyatakan popularitas dan elektabilitas Agung Nugroho yang tertinggi dibandingkan calon lain menjadi pertimbangan banyak partai dalam memberi dukungan politik. Termasuk dalam hal ini, dukungan yang dijadwalkan bakal diserahkan langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada Kamis (4/7) sore.

Baca Juga

“Survei kami (Trust Indonesia) menunjukkan Agung Nugroho menjadi figur yang memiliki popularitas dan elektabilitas paling tinggi sebagai Walikota pekan baru. Dalam konteks popularitas, nilainya bahkan mencapai angka 92,4 persen. Sementara pada aspek elektabilitas (tertutup) angkanya sudah berjumlah 41,3 persen. Inilah alasan utama mengapa banyak partai (termasuk PKS) mudah memberikan dukungan,” ujar Fadhli dalam keterangan kepada awak media, Kamis (4/7) siang.

Apalagi merujuk survei, ungkap Fadhli, Agung Nugroho juga memiliki dukungan pemilih tetap (strong voters) yang besar. Rata-rata responden yang menjadi pemilih tetap Agung Nugroho, kata dia, berjumlah sekitar 38 persen. Itu artinya sebagian besar pemilih Agung Nugroho tidak akan mengubah pilihannya hingga waktu pelaksanaan Pilkada November mendatang.

“Strong voters Agung Nugroho pun menjadi paling tinggi dibandingkan dengan kandidat lain. Dia memang punya modal yang sangat besar untuk memenangkan Pilkada Kota Pekanbaru kali ini. Dia hanya butuh bekerja sedikit lagi untuk menyempurnakan keterpilihannya. Ini mungkin jadi alasan utama mengapa Presiden PKS Ahmad Syaikhu akan langsung menyampaikan dukungan kepadanya (Agung Nugroho),” ungkapnya.

Berdasarkan hasil riset, Fadhli menjelaskan sebagian besar responden juga menjadikan karakter kepemimpinan sebagai alasan utama dalam memilih Walikota Pekanbaru. Sebanyak 45,3 persen responden menyatakan karakter kepemimpinan merupakan alasan dan pertimbangan utama dalam memilih Walikota.

“Sebanyak 19,5 persen responden menyatakan kapasitas yang dimiliki sebagai alasan utama memilih Walikota. Sementara 11,3 responden lainnya menjadikan latarbelakang kepemimpinan sebagai alasan memilih Walikota Pekanbaru,” tutur dia.

Seperti diketahui, Agung Nugroho yang juga ketua DPD Partai Demokrat Riau, sudah mengantongi dukungan dari Partai Hanura dan Gerindra. Dengan tambahan tiket dari PKS, Agung Nugroho kini sudah memiliki 25 kursi dan memenuhi syarat untuk maju sebagai Calon Walikota Pekanbaru.

Dalam survei Trust Indonesia yang berlangsung 24-27 Juni 2024 tersebut, nama Agung Nugroho jauh meninggalkan Mantan Pj Walikota Muflihun dan politisi Muhammad Iksan. Secara berturut-turut, Muflihun hanya memiliki elektabilitas 18,3 persen dan Muhammad Iksan hanya memperoleh elektabilitas sebesar 7,7 persen. Survei dilakukan pada 1.200 responden warga kota Pekanbaru, dengan metode multistage sampling dan tingkat kesalahan sebesar 2,83 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement