Jumat 28 Jun 2024 18:08 WIB

Dubes Sebut Kabupaten Bekasi sebagai 'Kota Jepang'

Dubes Masaki Yasushi menganggap Kabupaten Bekasi tak ubahnya kota-kota di Jepang.

Duta Besar Jepang untuk RI Masaki Yasushi.
Foto: dok instagram jpnambsindonesia
Duta Besar Jepang untuk RI Masaki Yasushi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi, mengaku terkesan dengan perkembangan Kabupaten Bekasi, yang seperti mengingatkannya pada kota-kota di negeri asalnya. Sebab, menurut dia, banyak ekspatriat Jepang yang kini tinggal dan menetap di daerah Provinsi Jawa Barat itu.

Baca Juga

"Kita bisa menamai wilayah Kabupaten Bekasi ini sebagai 'Kota Jepang' karena banyak orang Jepang di sini," kata Masaki Yasushi di Cikarang, Jumat (28/6/2024).

Sekurang-kurangnya, ada 2.500 warga asal Jepang yang bekerja pada 500 perusahaan yang tersebar di sejumlah kawasan industri Kabupaten Bekasi. Di samping itu, lanjut Dubes Masaki, tidak kurang dari 240 pelajar serta staf sekolah Jepang yang tinggal di daerah sentra industri koridor timur Jakarta itu. Maka, tidak keliru apabila dirinya menyebut Kabupaten Bekasi sebagai "Kota Jepang."

Masaki pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang telah membantu Jepang dalam berbagai sektor, terutama ekonomi. Pihaknya juga berterima kasih karena pemerintah setempat sudah memastikan keselamatan seluruh warga Jepang yang tinggal dan bekerja di kabupaten ini.

"Saya percaya, dalam bidang ekonomi kerja sama Jepang dan Kabupaten Bekasi akan semakin kuat," katanya.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, Kabupaten Bekasi merupakan sentra industri manufaktur. Di sini, terdapat penanaman modal dari berbagai perusahaan Jepang sehingga banyak juga warga asal Negeri Sakura yang tinggal di wilayah ini.

"Banyak di antaranya (sentra industri manufaktur) merupakan penanaman modal asing dari perusahaan-perusahaan asal Jepang. Sudah menjadi pemandangan sehari-hari warga Jepang di Kabupaten Bekasi," ujar Pj Bupati Dani Ramdan.

Dani berharap, kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat terus ditingkatkan sekaligus diperluas di berbagai sektor. Pada akhirnya, kolaborasi itu akan mendukung kemajuan kedua negara, RI dan Jepang.

"Kehadiran perusahaan-perusahaan Jepang di Kabupaten Bekasi banyak membantu kami terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja lokal. Ini penting sebagai upaya menekan angka pengangguran," kata dia.

Dubes Jepang untuk RI, Masaki Yasushi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bekasi pada Jumat (28/6/2024). Ia dan rombongan diterima Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Kompleks Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement