Jumat 28 Jun 2024 07:24 WIB

Panama Kalahkan AS 2-1, Jaga Peluang ke Perempat Final Copa America 2024

AS bermain dengan 10 orang setelah Timothy Weah dikartu merah pada menit ke-18.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Panama Jose Fajardo merayakan gol kedua timnya melawan Amerika Serikat selama pertandingan sepak bola Grup C Copa America di Atlanta, AS< Jumat (28/6/2024) pagi WIB.
Foto: AP Photo/Jon Super/Jason Allen
Pemain Panama Jose Fajardo merayakan gol kedua timnya melawan Amerika Serikat selama pertandingan sepak bola Grup C Copa America di Atlanta, AS< Jumat (28/6/2024) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panama menjaga persaingan lolos ke babak gugur di Grup B Copa America 2024 tetap ketat. Ini setelah Panama mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat 2-1 pada matchday kedua di Mercedes Benz Stadium, Atlanta, AS, Jumat (28/6/2024) pagi WIB.

Panama kini mengoleksi nilai tiga hasil dari dua kali main, sama dengan yang diraih Amerika Serikat. Uruguay memimpin grup B ini dengan nilai sama. Uruguay baru akan meladeni Bolovia, yang belum meraih poin, hari ini mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga

Tuan rumah ingin secepatnya menyegel tiket perempat final. Tambahan tiga poin akan membuat Christian Pulisic dkk menyusul jejak Argentina, tetapi justru mereka harus menelan kekalahan.

Amerika harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-18 setelah Timothy Weah mendapatkan kartu merah. Meski bermain dengan 10 orang, Amerika Serikat justru unggul lebih dulu 1-0 pada menit 22 berkat gol yang dicetak Folarin Balogun memanfaatkan umpan Antonee Robinson.

Panama mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-26. Tendangan menyusur tanah yang dilepaskan Cesar Blackman tak bisa dijangkau kiper Amerika Serikat Matt Turner.

Menit ke-62 Panama berharap mendapat tendangan penalti setelah pemainnya Jose Fajardo terjatuh di kotak terlarang setelah diadang pemain AS Cameron Carter Vickers. Namun setelah wasit melihat VAR, tak ada hukuman penalti.

Menit ke-73 Panama kembali mengancam melalui Michael Murilo, tetapi tembakan mendatarnya masih terlalu lemah, sehingga Matt Turner dengan mudah menangkap si kulit bundar.

Menit ke-81, Amerika Serikat mendapat peluang emas. Sayang sundulan Ricardo Pepi masih terlalu lemah sehingga ditangkap dengan mudah oleh kiper Panama

Panama akhirnya berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-83 melalui Jose Fajardo. Tendangan voli Fajardo menyambut umpan Abidel Ayarza tak bisa dibendung oleh kiper AS Matt Turner.

Panama harus bermain dengan 10 pemain juga pada menit 87 setelah pemainnya Adalberto Carrasquila melanggar dengan keras Christian Pulisic dari belakang. Wasit yang melihat jelas tanpa ampun langsung mengeluarkan kartu merah.

Menit ke-90+3, AS mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Tendangan tak langsung ke area kotak penalti disambut sundulan Chris Richards, tapi bola masih melambung di atas mistar gawang Panama.

Hingga laga usai skor tetap 2-1 untuk Panama. Laga terakhir Grup B akan digelar pada Selasa (2/7/2024) pukul 08.00. AS akan menghadapi Uruguay dan Panama berjumpa Bolivia. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement