Rabu 19 Jun 2024 11:52 WIB

FTI Universitas BSI Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Seminar Karier

Kesiapan dalam dunia kerja juga mencakup kemampuan beradaptasi.

Prodi Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Industri dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Seminar Karier bertema ‘Find Your Career Today’.
Foto: Universitas BSI
Prodi Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Industri dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Seminar Karier bertema ‘Find Your Career Today’.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Prodi Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Industri dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Seminar Karier bertema ‘Find Your Career Today’ yang berlangsung di aula Gedung Rektorat Universitas BSI Kampus Kramat 98, Senin (10/6/2024).

Acara yang bertujuan mempersiapkan lulusan yang bertalenta dan kompetitif di dunia kerja ini dihadiri oleh 123 mahasiswa FTI Universitas BSI. Seminar yang dipandu oleh Jenie Sundari ini turut menghadirkan Miwan Kurniawan Hidayat selaku Kaprodi Teknik Industri Universitas BSI dan Head of Talent Acquisition PT Pegadaian (Persero) Lukitarini sebagai narasumber.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Miwan Kurniawan Hidayat mengungkapkan bahwa seminar karier ini merupakan wujud nyata Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif yang berkomitmen menyiapkan lulusan dengan softskill yang siap terjun ke dunia kerja.

“Kegiatan ini juga bertujuan membantu mahasiswa mengembangkan personal branding, menaklukkan wawancara kerja, menyusun peluang karir, memahami dunia investasi, dan manajemen waktu yang baik,” tutur Miwan.

 

Lukitarini, sebagai narasumber utama, menekankan pentingnya mengoptimalkan diri untuk bersaing di dunia kerja yang kompetitif. "Mahasiswa perlu mengetahui softskill yang diperlukan oleh dunia kerja. Selain itu, bijak dalam mengelola media sosial juga penting karena semakin banyak perusahaan yang mengecek media sosial calon pelamar," jelas Lukitarini.

Menurut Lukitarini, kesiapan dalam dunia kerja juga mencakup kemampuan beradaptasi dan kesediaan untuk bekerja di bidang yang mungkin berbeda dari jurusan kuliah. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa memang kaum intelektual yang bisa multitasking.

Menurut Miwan, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI telah merancang serangkaian kegiatan untuk memberikan wawasan tambahan bagi mahasiswa dalam melamar pekerjaan dan menghadapi dunia kerja.

“Diharapkan, para peserta dapat menambah pengetahuan mengenai informasi karier yang menunjang kematangan kompetensi kerja serta memiliki sikap positif dalam menghadapi dunia kerja yang luas,” harapnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih erat antara universitas dan dunia industri, serta memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik menghadapi tantangan karir di masa depan.

“Dengan adanya seminar ini, Universitas BSI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kompetensi mahasiswanya, mempersiapkan mereka untuk bersaing dan unggul di dunia kerja yang semakin dinamis dan kompetitif,” tandasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement