Jumat 14 Jun 2024 06:21 WIB

Jerman Vs Skotlandia Buka Pesta Sepak Bola Euro 2024, Die Mannschaft Percaya Diri

Pelatih Julian Nagelsman melihat kepercayaan diri di mata para pemain Jerman.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Jerman Julian Nagelsmann (tengah) memimpin latihan timnya jelang laga pembuka Euro 2024 melawan Skotlandia.
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Pelatih Jerman Julian Nagelsmann (tengah) memimpin latihan timnya jelang laga pembuka Euro 2024 melawan Skotlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Jerman Julian Nagelsmann menyambut laga pembuka Euro 2024 dengan antusias. Tim asuhannya akan menghadapi Skotlandia pada laga Grup A di Stadion Allianz Arena, Munchen, Sabtu (15/6/2024) pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini bisa disaksikan di RCTI atau Vision+.

Ia memuji Skotlandia tim berbahaya yang akan berusaha memanfaatkan tekanan yang menyasar tuan rumah. Namun Nagelsmann melihat kepercayaan diri pada para pemainnya dan rasa lapar akan kesuksesan.

Baca Juga

“Skotlandia bukanlah tim yang penuh dengan bintang dunia, tapi itu membuat mereka berbahaya, karena mereka punya pemain yang sangat lincah dan memberikan segalanya, dengan mentalitas klasik Skotlandia,” ujarnya pada konferensi pers, Kamis (13/6/2024).

Meskipun Jerman merasakan tekanan dan ketegangan menjelang pertandingan pembukaan turnamen di rumah sendiri, ia menggaransi pasukannya sepenuhnya fit dan siap.

 

"Ketika saya menatap mata para pemain saya, saya melihat keyakinan dan kepercayaan diri yang besar. Itulah yang saya inginkan, kami memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, kami ingin menang. Kami bisa mengalahkan tekanan, dan kami juga bisa menaklukkan Skotlandia,” tegas mantan pelatih Bayern Munchen ini.

Jerman telah menjuarai empat Piala Dunia dan tiga Piala Eropa.. Namun reputasi cemerlang mereka di turnamen ini agak ternoda dengan serangkaian kegagalan sejak berjaya di Piala Dunia 2014 Brasil.

Mereka tersingkir dari dua Piala Dunia berikutnya di babak penyisihan grup, penampilan terburuk mereka dalam lebih dari 80 tahun, dan terdepak dari Euro 2020 pada babak 16 besar.

“Kami akan mendapat lebih banyak tekanan daripada Skotlandia dan mereka ingin memanfaatkannya,” kata Nagelsmann, yang mengambil alih jabatan sebagai pelatih Jerman pada Oktober 2023.

Skotlandia bisa menciptakan peluang dan mempertahankan penguasaan bola dan akan membuat pertahanan Jerman tertekan di laga Grup A. “Kami harus tetap fokus untuk menghindari umpan silang,” tambahnya.

Nagelsmann mengaku merasa emosional menjelang pertandingan, menggambarkan asalnya dari desa kecil dengan hanya 700 penduduk dan lebih banyak sapi daripada manusia. Sekarang, ia sedang mempersiapkan tim untuk pertandingan pembukaan Euro 2024 di Munchen.

Kapten Jerman Ilkay Gundogan mengatakan Nagelsmann memberikan kejelasan kepada pemain dan menyampaikan rasa tenang yang membantu tim.

"Pelatih memberi kami kepercayaan diri, arah yang jelas, dia telah mendiskusikan peran dengan kami. Semua orang tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bisa memberikan segalanya di lapangan, dan itu sangat membantu kami setelah pengalaman negatif di pertandingan terakhir."

“Tidak ada pertandingan lain yang seperti pertandingan pertama, karena dengan begitu Anda bisa menggunakan momentum dan euforia itu untuk beberapa pertandingan berikutnya, dan itulah mengapa tujuan terpenting besok adalah memenangkan pertandingan,” ujarnya. 

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement