Selasa 11 Jun 2024 07:17 WIB

Indonesia Vs Filipina: Laga Hidup Mati demi Tiket Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia wajib mengalahkan Filipina agar tak tergantung hasil laga Irak vs Vietnam.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia (ilustrasi).
Foto:

Pelatih Shin juga menekankan hal serupa. Ia yakin dengan kemampuan tim asuhannya, tetapi tetap menghormati lawan. “Tim Filipina walaupun gagal lolos pastinya akan berjuang keras melawan Indonesia. Sama juga, kita akan bekerja semaksimal mungkin agar kita bisa memberikan kemenangan kepada para fans,” kata mantan pelatih timnas Korea Selatan.

Minimalisasi kesalahan

Pada pertandingan sebelumnya melawan Irak, Indonesia sebenarnya cukup mampu mengimbangi sang lawan yang memiliki peringkat FIFA jauh lebih baik. Namun beberapa kesalahan pemain timnas, yang klimaksnya adalah blunder kiper Ernando Ari, membuat Tim Garuda menelan kekalahan 0-2.

Menyikapi kesalahan-kesalahan yang sempat dilakukan anak-anak asuhnya, terutama Ernando, Shin menilai sang pemain telah mendapat evaluasi dan akan tampil lebih baik jika diberi kesempatan bermain.

“Memang (Ernando) kemarin melakukan kesalahan fatal. Saya pun mengakuinya. Tetapi dengan kesalahan-kesalahan tersebut pemain bisa berkembang menjadi lebih baik, jadi saya tidak mempermasalahkan kesalahan tersebut. Ernando dalam persiapan yang baik juga,” kata Shin.

Faktor kesalahan ini menjadi sorotan banyak pihak. Komentator sepak bola Mohamad Kusnaeni menilai kombinasi kegagalan dalam finishing dan kesalahan sendiri dalam bertahan menjadi penyebab utama kekalahan melawan Irak.

"Lawan Filipina, situasi tersebut tidak boleh terulang. Shin Tae-yong harus memperbaiki penyelesaian akhir, khususnya di lini depan. Shin juga harus memperbaiki koordinasi dan komunikasi pemain saat bertahan. Jangan mudah panik sehingga berujung kesalahan sendiri," kata Bung Kus, sapaannya.

Bek Jay Idzes meminta fans Garuda terus menyuarakan dukungan, meskipun ada para penggawa timnas melakukan kesalahan. Di mata bek klub Italia Venezia ini, kesalahan hal yang biasa di sepak bola. Namun yang paling utama menurutnya adalah belajar dari kesalahan itu dan bangkit untuk memperbaikinya.

“Inilah sepak bola, semua orang dapat melakukan kesalahan dan yang terpenting adalah kita belajar dari kesalahan itu. Semua orang membuat kesalahan, termasuk saya. Saatnya untuk terus bergerak maju, memperbaiki diri dari melihat pertandingan yang telah lalu, dan semua orang bisa tampil lebih baik,” kata Jay.

Shin kehilangan Jordi Amat pada laga ini karena mendapatkan kartu merah saat melawan Irak pekan lalu. Namun ada Jay yang siap menggantikannya. Jay sebelumnya hanya menjadi cadangan karena tiba di Jakarta hanya sehari menjelang laga Indonesia vs Irak.

Jay menyebut Jordi pemain penting. Namun ia percaya, para pemain lain di timnas Indonesia siap menggantikannya. Termasuk juga dirinya jika pelatih Shin mempercayainya memberikan komando di lini belakang.

 

Selain Jay...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement