Selasa 11 Jun 2024 06:57 WIB

Prodi SIA Universitas BSI Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kemampuan Menulis Jurnal Ilmiah

Workshop ini merupakan bagian dari program rutin Prodi SIA, tingkatkan kompetensi.

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses mengadakan workshop bertajuk Penulisan Jurnal Ilmiah dan Pengelolaan Referensi.
Foto: Dok Republika
Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses mengadakan workshop bertajuk Penulisan Jurnal Ilmiah dan Pengelolaan Referensi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses mengadakan workshop bertajuk “Penulisan Jurnal Ilmiah dan Pengelolaan Referensi”. Acara ini digelar pada Kamis, 30 Mei 2024, secara daring. 

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik dan Informatika, Rachmat Adi Purnama, yang menyampaikan pentingnya keterampilan menulis ilmiah bagi mahasiswa.

Baca Juga

Workshop ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis jurnal ilmiah serta mengelola referensi secara efektif,” kata Rachmat dalam sambutan yang disampaikan.

Pada kesempatan ini, materi workshop disampaikan oleh dua narasumber berpengalaman, yaitu Rizal Amegia Saputra, seorang peneliti dan dosen Universitas BSI serta Adi Supriyatna, seorang ahli di bidang teknologi informasi yang juga merupakan dosen tetap di Prodi Sistem Informasi Akuntansi.

 

Rizal Amegia Saputra membawakan materi mengenai keuntungan menulis jurnal, siklus karya ilmiah, teknik penulisan jurnal ilmiah, mulai dari pemilihan topik, struktur penulisan, hingga cara menyusun abstrak dan kesimpulan yang baik, serta memberikan tips memilih jurnal terindeks sinta. 

Sedangkan, Adi Supriyatna memberikan penjelasan tentang penggunaan perangkat lunak pengelola referensi seperti Mendeley, yang sangat berguna dalam menyusun daftar pustaka secara otomatis dan terorganisir. 

Workshop ini merupakan bagian dari program rutin Prodi SIA kampus Sukabumi sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang akademik dan riset. Kegiatan serupa akan terus diselenggarakan di masa mendatang untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegas Adi dalam keterangan rilis, Jumat (7/6).

Para peserta sangat antusias mengikuti workshop ini. Mereka tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga melakukan praktik langsung. Beberapa mahasiswa menyampaikan apresiasi mereka atas penyelenggaraan acara ini.

Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam mempersiapkan penulisan tugas akhir dan publikasi ilmiah di masa depan. Kami jadi lebih mengerti bagaimana cara mengelola referensi dengan baik dan menulis jurnal yang berkualitas,” ujar Hani salah satu peserta workshop.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement