Senin 10 Jun 2024 05:39 WIB

'Biadab', Operasi Israel di Nuseirat Tewaskan 64 Anak-Anak dan 57 Perempuan

Korban jiwa pembantaian Israel di Nuseirat mencapai 274 syuhada.

Seorang wanita Palestina yang terluka terbaring di rumah sakit Al Awda selama operasi militer Israel di kamp pengungsi Al Nusairat di Jalur Gaza tengah pada, 8 Juni 2024.
Foto:

Turki menyebut operasi Israel untuk membebaskan tawanannya sebagai “serangan biadab”. Operasi itu dinilai menunjukkan standar ganda atas nyawa manusia. “Dengan serangan biadab terbaru ini, Israel menambah daftar kejahatan perang baru yang dilakukannya di Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri di Ankara, Ahad (9/6/2024).

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) juga mengutuk keras pembantaian mengerikan yang dilakukan oleh tentara pendudukan Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza, yang mengakibatkan pembunuhan dan cederanya ratusan warga Palestina, yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari ini, organisasi tersebut menyatakan bahwa agresi Israel yang sedang berlangsung di Gaza mewakili “terorisme dan genosida negara yang berkelanjutan, yang secara terang-terangan melanggar hukum kemanusiaan internasional dan resolusi PBB yang relevan.”

Pernyataan ini menekankan perlunya investigasi, akuntabilitas, dan hukuman berdasarkan hukum pidana internasional atas kejahatan-kejahatan ini, dan menekankan tanggung jawab Pengadilan Kriminal Internasional dalam hal ini.

OKI kembali menyerukan kepada masyarakat internasional, khususnya Dewan Keamanan PBB, untuk segera melakukan intervensi guna menghentikan kejahatan perang yang dilakukan pendudukan Israel di Gaza dan memberikan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina.

Saul Takahashi, profesor studi hak asasi manusia dan perdamaian di Universitas Jogakuin Osaka, mengatakan kepada Aljazirah bahwa tanggapan Barat terhadap pembunuhan warga Palestina menunjukkan standar ganda.

“Ada standar ganda yang sangat kentara ketika menyangkut kehidupan manusia: bahwa kehidupan orang Israel, kehidupan orang Ukraina, kehidupan orang berkulit putih itu penting, tetapi jika menyangkut orang Palestina, orang berkulit coklat, orang Arab pada umumnya, mereka tidak sama, tidak penting, tak terlalu dipedulikan,” kata Takahashi dari Toyohashi di Jepang.

“Seperti yang disebutkan oleh koresponden Anda, hal ini hampir tidak diberitakan sama sekali… hilangnya nyawa warga Palestina di media Israel. Hal serupa terjadi di media AS dan banyak media internasional lainnya.”

Pelapor khusus PBB untuk situasi hak asasi manusia di wilayah pendudukan Palestina mengatakan pembebasan empat warga Israel yang ditawan di Gaza tidak perlu mengorbankan ratusan nyawa warga Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak.

Dalam sebuah postingan di media sosial, Francesca Albanese mengatakan dia “lega” atas bebasnya empat tawanan itu, namun menambahkan bahwa Israel “bisa saja membebaskan semua sandera, hidup dan utuh, delapan bulan yang lalu ketika gencatan senjata pertama dan pertukaran sandera diberlakukan. meja".

“Israel menolak dan terus menghancurkan Gaza dan Palestina sebagai sebuah bangsa,” kata Albanese. “Niat genosida ini berubah menjadi tindakan,” katanya. “Israel telah menggunakan sandera untuk melegitimasi pembunuhan, melukai, melukai, membuat kelaparan dan membuat trauma warga Palestina di Gaza.”

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement