Senin 10 Jun 2024 03:30 WIB

Hasto Hari Ini Diperiksa, KPK Bidik Pihak yang Sembunyikan Harun Masiku

KPK mengisyaratkan ada pihak tertentu yang sengaja menyembunyikan Harun Masiku.

Rep: Bambang Noroyono, Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Sejumlah poster buronan Harun Masiku ditempelkan oleh para aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (15/1/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Sejumlah poster buronan Harun Masiku ditempelkan oleh para aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (15/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada hari ini Senin (10/6/2024) mendatang. Penyidik KPK akan memeriksa Hasto terkait dengan kasus dugaan korupsi yang menjerat Harun Masiku (HM) yang sampai kini masih berstatus buronan.

Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui pesan singkat, menyampaikan, Hasto akan diperiksa sebagai saksi. “Iya. Dipanggil untuk perkara tersangka HM (Harun Masiku). Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (10/6/2024). Kami (KPK) berharap yang bersangkutan hadir sesuai jadwal pemanggilan dimaksud,” begitu kata Ali, akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Kasus korupsi yang menjerat Harun Masiku sebagai tersangka, sudah empat tahun mangkrak dalam penanganan di KPK. Harun Masiku adalah politikus PDI Perjuangan yang dijerat tersangka terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam penerimaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Suap diberikan kepada komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Namun Harun Masiku berhasil lolos dan diduga sempat kabur ke luar negeri.

KPK sempat meminta bantuan Polri untuk mencari Harun Masiku. Dan Polri, sempat menerbitkan status red notice, menyusul KPK pun menyatakan Harun Masiku sebagai buronan. Namun begitu, hingga kini, KPK pun belum berhasil melakukan penangkapan terhadap Harun Masiku.

KPK mengaku serius memburu buronan Harun Masiku. Ali Fikri mengatakan, lembaga antirasuah itu telah mendapatkan informasi terbaru terkait dengan keberadaan Harun Masiku. "Kita mendapatkan informasi baru yang sebelumnya belum pernah diperiksa," ujarnya belum lama ini.

Pemeriksaan Hasto merupakan bagian dari perburuan terhadap Harun Masiku. Akhir Mei 2024 kemarin, KPK memeriksa dua mahasiswa sebagai saksi, yakni Hugo Ganda dan Melita De Grave yang diduga mengetahui keberadaan Harun Masiku. KPK juga memeriksa seorang pengacara Simon Petrus yang juga diduga turut mengetahui keberadan Harun Masiku.

KPK mencari unsur kesengajaan. Baca di halaman selanjutnya.

photo
Harun Masiku hingga kini masih buron. - (Republika)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement