Ahad 09 Jun 2024 16:36 WIB

Ganda Putri Korsel Pertahankan Gelar Juara Indonesia Open, Kalahkan Pasangan Terbaik China

Ganda putri ranking dua dunia itu memenangkan pertandingan dua set langsung.

Rep: Fitriyanto/ Red: Mas Alamil Huda
Ganda putri Korea Selatan, Baek Ha Na (kanan) dan Lee So Hee (kiri), menjuarai Indonesia Open 2024.
Foto: Ida Marie Odgaard/Scanpix via AP
Ganda putri Korea Selatan, Baek Ha Na (kanan) dan Lee So Hee (kiri), menjuarai Indonesia Open 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan asal Korea Selatan (Korsel), Baek Ha Na/Lee So Hee merebut gelar juara ganda putri turnamen bulutangkis Kapal Api Indonesia Open 2024. Dalam laga final yang digelar Ahad (9/6/2024) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, ganda putri ranking dua dunia itu naik podium seusai mengalahkan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dua set langsung dengan skor cukup telak, 21-17 dan 21-13.

Pada pertandingan ini, wakil Negeri Ginseng itu mengaku senang bisa meraih gelar juara turnamen BWF Super 1000 dengan mengalahkan Chen/Jia. Tercatat di pertemuan terakhir, Baek/Lee menyerah pada final BWF World Tour Finals 2023 dengan skor identik 16-21, 16-21 dari ganda putri Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga

“Pertandingan yang melelahkan, terutama untuk saya. Secara keseluruhan, kami senang karena bisa mengalahkan Chen/Jia pada pertandingan hari ini,” kata Baek.

Pada laga ini peraih medali perak Asian Games 2022 itu mencoba bermain lebih menekan melawan pasangan ranking satu dunia tersebut. Strategi tersebut berjalan dengan baik sehingga juara Badminton Asia Championships 2024 itu meraih kemenangan dua gim langsung dalam tempo 57 menit.

 

“Selama ini kami merasa kurang dalam bertahan. Kami mencoba bermain bertahan dengan baik dan tentu diimbangi dengan serangan yang banyak,” ujar Lee.

“Kemenangan hari ini menambah kepercayaan diri kami, bahwa kami bisa menggabungkan pertahanan dan serangan dengan baik,” Lee menambahkan.

Dengan hasil ini Baek/Lee mempertahankan gelar juara turnamen Kapal Api Indonesia Open. Pada edisi sebelumnya, di final Baek/Lee meraih kemenangan melawan wakil Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dengan skor 22-20, 21-10.

Bermain di Istora Senayan membuat juara All England 2024 itu termotivasi mengingat fan terus memberikan dukungan penuh buat keduanya.

“Saya melihat banyak penggemar yang datang memberikan kami dukungan. Itu menjadi motivasi kami untuk menang, apalagi kami juga sudah pernah juara di sini,” kata Baek.

Diharapkan dengan hasil yang diraih pada partai final turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024 menjadikan motivasi untuk berlaga pada turnamen berikutnya pada Olimpiade Paris 2024 mendatang.

“Ini adalah turnamen terakhir kami sebelum Olimpiade Paris 2024 dan kemenangan ini memberikan kami kepercayaan diri lebih untuk Olimpiade mendatang,” kata Lee.

“Setelah tampil di turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024, kami akan kembali ke Korea Selatan dan latihan, lalu fokus untuk Olimpiade,” tambah Lee.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement