Rabu 05 Jun 2024 09:13 WIB

Nasdem Dukung UUD 1945 Diamandemen, Dengan Catatan...

Surya Paloh dan Nasdem, memandang amandemen UUD 1945 bukan suatu hal tabu.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari mengatakan, pihaknya mendukung usulan amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945. Tetapi, perlu didahului dengan evaluasi terhadap pelaksanaan konstitusi selama ini.

"Pada dasarnya, fraksi Partai Nasdem mendukung amandemen Undang-Undang Dasar 1945, tetapi kita mengharapkan didahului dengan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan Undang-Undang Dasar 1945 hasil amandemen ini," katanya saat ditemui usai kunjungan pimpinan MPR RI ke Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2024).

Baca Juga

Dia menjelaskan, Partai Nasdem menganggap, valuasi menyeluruh perlu dilakukan untuk melihat hal apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan amandemen tersebut. "Jadi bukan sekadar amandemen parsial ya, amandemen terbatas," kata Tobas, sapaan akrabnya, yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Nasdem MPR RI itu.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, menurut Tobas, berharap agar MPR RI segera menyosialisasikan ide amandemen UUD 1945 tersebut agar kebutuhan dan substansi amandemen menjadi diskursus publik, tidak hanya terbatas pada elite politik saja.

 

"Sehingga harus ada momentum konstitusional namanya. Jadi memang masyarakat pun juga merasa 'Oh memang kita ingin memperbaiki kehidupan kebangsaan kita, ingin memperbaiki demokrasi kita,' yang mungkin saja muaranya ada pada amandemen," ucap Taufik.

Surya Paloh dan Nasdem, kata dia, memandang bahwa amandemen UUD 1945 bukan suatu hal yang tabu. Pasalnya konstitusi memang memberikan kewenangan bagi MPR untuk melakukan amandemen tersebut.

"Kita justru tidak menginginkan amandemen itu hanya semata-mata dilakukan untuk menempatkan PPHN (Pokok-Pokok Haluan Negara) saja yang seperti sekarang sedang didorong, bukan; tapi justru kita ingin melakukan evaluasi dulu dari seluruh pelaksanaan Undang-Undang Dasar ini ya," ujar Taufik.

Menurut dia, evaluasi tersebut guna memastikan amandemen memberikan pengaruh terhadap kehidupan kebangsaan dan proses demokrasi yang lebih baik. "Jika memang ada kebutuhan untuk memperbaiki ini dengan cara amandemen, maka Fraksi Partai NasDem akan mendukung itu. Jadi, kita belum sampai pada pasal mana yang akan diamandemen, tapi kita ingin evaluasi terlebih dahulu," ucap Taufik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement