Selasa 04 Jun 2024 17:13 WIB

Universitas BSI Sukabumi Gelar Workshop Pengembangan Web Berbasis Cloud-Native

Pentingnya pemahaman mahasiswa mengenai teknologi cloud-native.

Program studi (Prodi) Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses menyelenggarakan Workshop Bootcamp IT dengan tema
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program studi (Prodi) Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses menyelenggarakan Workshop Bootcamp IT dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Program studi (Prodi) Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi sukses menyelenggarakan Workshop Bootcamp IT dengan tema "Pengembangan Web Cerdas Berbasis Layanan Cloud-Native". Acara ini berlangsung pada Selasa (28/5/2024), dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB di Universitas BSI Sukabumi yang berlokasi di Jalan Cemerlang No 8, Sukakarya, Sukabumi.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang merupakan dosen dari Prodi Informatika Universitas BSI, yaitu Desi Susilawati dan Saeful Bahri. Keduanya dikenal memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan web dan cloud computing.

Baca Juga

Dalam paparannya, Desi Susilawati menekankan pentingnya pemahaman mahasiswa mengenai teknologi cloud-native yang saat ini menjadi tulang punggung berbagai layanan digital. "Dengan menguasai teknologi ini, mahasiswa tidak hanya siap menghadapi tantangan di dunia kerja, tetapi juga mampu berinovasi dan menciptakan solusi cerdas berbasis web yang efisien dan scalable," ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (3/6/2024). 

Saeful Bahri melanjutkan dengan pembahasan teknis mengenai arsitektur cloud-native, mulai dari containerization, microservices, hingga deployment di platform cloud seperti AWS dan Google Cloud. "Pendekatan cloud-native memungkinkan kita untuk mengembangkan aplikasi yang lebih responsif, mudah di-maintain, dan cepat dalam hal pengembangan serta deployment," jelasnya.

Peserta workshop ini adalah mahasiswa semester 4 dari Prodi Informatika. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung melalui praktik dan diskusi yang interaktif. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengerjakan proyek mini yang diaplikasikan pada platform cloud-native, sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata dalam mengimplementasikan teori yang telah dipelajari.

Habib Umar, salah satu peserta Bootcamp IT menyatakan antusiasmenya dalam mengikuti workshop ini. "Workshop ini sangat bermanfaat, terutama untuk memahami bagaimana teknologi cloud-native dapat digunakan dalam pengembangan web yang lebih cerdas dan efektif. Kami mendapatkan banyak ilmu baru yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini," ujar Habib.

Sementara itu, Denny Pribadi selau Kaprodi Informatika Universitas BSI kampus Sukabumi mengungkapkan workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari IT Bootcamp yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada 6-7 Juni mendatang.

"Kami berharap melalui serangkaian kegiatan IT Bootcamp ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan web dan cloud computing," ujar Denny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement