Kamis 30 May 2024 09:59 WIB

Dico Ganinduto Gandeng Raffi Ahmad untuk Majukan UMKM Jateng

Poster Dico-Raffi diniatkan untuk mendukung pengembangan UMKM, bukan Pilgub Jateng.

Bupati Kendal Dico Ganinduto manggandeng selebritas Raffi Ahmad untuk memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).
Foto: Republika.co.id
Bupati Kendal Dico Ganinduto manggandeng selebritas Raffi Ahmad untuk memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Kendal Dico Ganinduto manggandeng selebritas Raffi Ahmad untuk memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Promosi dilakukan dengan dipasangnya sejumlah baliho Dico-Raffi di sejumlah wilayah di Jateng.

Namun, hal itu kemudian direspons berbeda oleh masyarakat yang menilai keduanya layak maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Padahal, menurut dia, poster itu diniatkan untuk mendukung pengembangan UMKM.

Baca: Prabowo Didampingi Erick Thohir Terima Pemilik Burj Khalifa

 "Selama ini saya lihat Mas Raffi berkiprah di Jakarta, kemudian Jawa Barat, Sulawesi, tapi belum pernah ke Jawa Tengah, makanya saya bertemu dengan Mas Raffi dan dari situ saya diskusi, dari situlah saya menyadari bahwa Mas Raffi ini memiliki visi misi yang sama untuk membangun UMKM Jawa Tengah," kata Dico kepada wartawan dikutip di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

 

Politikus Partai Golkar itu pun pun berharap, dengan Raffi Ahmad yang telah terbukti piawai dalam marketing, foto yang dipasangnya bisa turut memajukan UMKM di Jateng. Hal itu terkait dengan dukungan Raffi, seperti coaching clinic kepada pelaku UMKM.

"Jadi itu sebenernya itu konsep awalnya, ternyata antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Jadi kalau tadi ada pertanyaan kenapa ada baliho Dico-Raffi, itu ada di enam daerah di Semarang, Solo, Kudus, Purwokerto, Tegal dan Wonosobo, itulah enam daerah pertama yang akan kita ikutkan," katanya. 

Dengan melihat antusiasme masyarakat tersebut, Dico pun langsung mengajak Raffi untuk turut berpartisipasi di kancah Pilkada 2024. Dia mengakui, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. "Karena kan saya sering keliling keliling Jawa Tengah dan banyak warga ngomong, 'gimana Mas, jadi besok ya sama Mas Raffi'," kata Dico.

"Nah akhirnya dari situ saya juga nanya ke Mas Raffi 'mas ini antusiasme masyarakat bagus banget nih, gimana kalau kontribusinya bukan cuma untuk UMKM Jawa Tengah, tapi untuk Jawa Tengah secara keseluruhan?'," ujar Dico kepada Raffi.

Pengamat kebijakan uublik Trubus Rahardiansah menilai, upaya Dico menggandeng Raffi untuk memajukan UMKM Jateng sangatlah tepat. Dia menilai, Raffi memiliki kapasitas dan kompetensi yang akan punya pengaruh pada perkembangan UMKM di Jateng.

"Kalau dia punya, berarti dia menjadi pilihan yang tepat, itu nanti akan disupport di situ, memang UMKM itu menjadi andalan dalam pertumbuhan ekonomi ke depan, dalam hal ini lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Ini terobosan luar biasa dan kreatif," kata Trubus.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement