Rabu 29 May 2024 20:05 WIB

UNRWA Ungkap Gambaran Suram Serangan ke Rafah, Perempuan dan Anak-Anak Meninggal

Lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Kota Rafah sejak 6 Mei.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Warga Palestina di Rafah. Perempuan dan anak-anak ikut menjadi korban serangan Israel di Rafah, Palestina.
Foto: EPA-EFE/HAITHAM IMAD
Warga Palestina di Rafah. Perempuan dan anak-anak ikut menjadi korban serangan Israel di Rafah, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMILTON -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (28/5/2024) menegaskan gambaran suram menyusul serangan udara yang dilakukan Israel di sebuah kamp di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan pada Ahad (26/5/2024). PBB mengungkapkan sedikitnya 45 orang meninggal dunia dan 200 orang terluka di Rafah.

“Menurut beberapa sumber medis asing yang berbicara kepada tim kami,  termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan tersebut,” kata direktur komunikasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) Juliette Touma, kepada wartawan saat konferensi pers secara virtual.

Baca Juga

Menggarisbawahi akibat serangan yang "sangat besar", Touma menekankan bahwa peristiwa tersebut "secara umum menambah rasa takut akan kematian". Menurut Touma, pengungsian masih berlangsung, mengingat lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Kota Rafah sejak 6 Mei.

Touma mengindikasikan bahwa mereka sebelumnya sudah mengungsi di berbagai lokasi, tetapi pemboman besar-besaran di daerah itu terus berlanjut. Dia menyebut, hanya 200 truk bantuan yang dapat masuk ke wilayah tersebut dalam tiga pekan terakhir.

 

“Tentunya terjadi penurunan di tengah kebutuhan kemanusiaan masyarakat karena jumlah kebutuhan terus bertambah”. “Yang dibutuhkan Gaza adalah 500 truk dan jumlah itu harus gabungan pasokan komersial dan pasokan kemanusiaan,” katanya.

Sedikitnya 45 orang, kebanyakan perempuan dan anak-anak, tewas dan hampir 250 orang terluka akibat serangan Israel. Ledakan juga terjadi di dekat pangkalan logistik UNRWA di Tal al-Sultan, menurut Kantor Media Pemerintah yang berbasis di Gaza.

Perang Israel di Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan telah menyebabkan lebih dari 36 ribu orang terbunuh dan 81.100 orang lainnya terluka. Kampanye militer Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang dan menyebabkan sebagian besar warga sipilnya kehilangan tempat tinggal dan berisiko kelaparan. Serangan terbaru pada Ahad terjadi meski terdapat keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel untuk menghentikan serangannya di Kota Rafah, yang menjadi tempat perlindungan bagi satu juta lebih warga Palestina.

 

sumber : Anadolu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement