Senin 27 May 2024 16:45 WIB

BPIP RI Gelar Kirab Pancasila Sebagai Pengingat Bagi Anak Bangsa

BPIP mendorong anak bangsa menghayati pancasila sebagai ideologi bangsa.

Ilustrasi kirab pancasila.
Foto: Republika/ M Fauzi Ridwan
Ilustrasi kirab pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI menggelar “Kirab Pancasila” bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta, Ahad.

Kepala BPIP RI Yudian Wahyudi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Pancasila sebagai anugerah bagi bangsa Indonesia. Selain itu, ia menyebut acara tersebut sebagai pengingat untuk anak bangsa.

Baca Juga

“(Kegiatan ini) untuk mengingatkan kembali kepada anak bangsa bahwa kita punya Pancasila yang sudah terbukti membebaskan kita dari penjajahan dan mempersatukan kita dalam NKRI. Di situ, kita sederajat di mata hukum. Oleh karena itu, kalau kita pakai bahasa agama, kita ini perlu bersyukur”, kata Yudian dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad.

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP RI Rima Agristina menjelaskan bahwa pelaksanaan “Kirab Pancasila” tahun ini sebagai upaya BPIP RI untuk mengajak masyarakat agar tetap harmonis dalam perbedaan bangsa Indonesia.

“Hari ini, BPIP melaksanakan Kirab Pancasila, menyampaikan juga pesan kepada masyarakat bahwa tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045’. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan, kekompakan, gotong royong dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika”, kata Rima.

“Kirab Pancasila” tahun ini dimeriahkan oleh Paskibraka Pusat 2023 yang berbaris rapi dan membawa bendera Merah Putih sepanjang 300 meter.

Mereka juga akan bertugas mengibarkan Sang Merah Putih dalam Upacara Kenegaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang akan digelar di Blok Rokan, Dumai, Provinsi Riau, 1 Juni 2024 mendatang.

Selain mereka, pelaksanaan “Kirab Pancasila” dimeriahkan oleh Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), seniman tanjidor khas Betawi.

Adapun “Kirab Pancasila” tahun ini bertajuk “Dari Jakarta ke Nusantara” diadakan oleh BPIP RI dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 mendatang.

Sementara itu, Pemerintah RI mengimbau masyarakat untuk dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 melalui stasiun televisi nasional, kanal YouTube BPIP dan BPMI Setpres, maupun mengikuti upacara di instansi masing-masing.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement