Sabtu 25 May 2024 17:26 WIB

Pemprov Jabar Targetkan Rekontruksi Jalan Sepanjang 240 Kilometer

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 49 ruas jalan kabupaten dan kota se-Jabar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Retakan jalan yang rusak di Jalan Soleh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Retakan jalan yang rusak di Jalan Soleh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemprov Jabar menargetkan rekonstruksi jalan sepanjang 240 kilometer pada tahun ini. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 49 ruas jalan kabupaten dan kota se-Jabar.

"Ada 240 kilometer total target rekontruksi (perbaikan) jalan di Jawa Barat tahun 2024 ini,’’ kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, saat mengecek proges perbaikan Jalan Tegalgubug-Arjawinangun-Jagapura, di Kabupaten Cirebon, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga

Saat mengecek jalan yang sedang diperbaiki itu, Bey didampingi oleh Kadis Bina Marga Jabar, Bambang Tirtoyuliono dan Penjabat Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya. Bey mengatakan, ruas jalan yang diperbaiki itu sepanjang 5,5 kilometer. Ruas tersebut melintasi Jalan Tegalgubug, Arjawinangun dan Jagapura.

"Yang diperbaiki sepanjang 5,5 kilometer dengan nilai biaya sekitar Rp 12 miliar,’’ terang Bey.

Dengan adanya rekontruksi jalan itu, Bey berharap adanya peningkatan ekonomi masyarakat. Terlebih, jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang cukup strategis dan dikenal dengan jalur Pantura. "Kita harapkan setelah perbaikan ini, meningkatkan juga perekonomian, karena selama ini kemacetan terjadi juga membahayakan pengendara lalu lintas,’’ ucap Bey.

Bey menambahkan, saat nanti jalan sudah selesai diperbaiki, maka akses jalan akan lebih lancar lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Jabar, Bambang Tirtoyuliono, mengatakan, terdapat empat perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon. Salah satunya yakni Jalan Arjawinangun. "Total akumulatif penanganan tahun 2024 lebih kurang 16 kilometer untuk Kabupaten Cirebon,’’ jelas Bambang.

Bambang menerangkan, kemantapan jalan di Kabupaten Cirebon di tahun 2023 sudah mencapai 84 persen. Dengan adanya penambahan 16 kilometer, maka akan berdampak baik untuk masyarakat. "Tentunya dampak untuk masyarakat adalah lalu lintas akan lebih lancar. Mudah-mudahan ekonomi juga lebih meningkat,’’ kata Bambang.

Penjabat Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, mengatakan, APBD Kabupaten Cirebon juga mengalokasikan sepanjang 71,1 kilometer perbaikan jalan, dengan pemeliharaan berkala sepanjang 42 kilometer. "Jadi Alhamdulillah kita coba peningkatan. Walaupun masih ada beberapa ruas jalan yang memang masih belum teranggarkan di tahun 2024,’’ kata Wahyu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement