Rabu 15 May 2024 11:52 WIB

Peluang Raffi Ahmad di Pilgub Jateng dan Menanti Restu Prabowo

Raffi dan Dico disebut-sebut sebagai kawan lama.

Raffi Ahmad mengabadikan moment dirinya telah selesai melakukan pencoblosan di TPS 01, Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).
Foto:

Hingga kini Raffi belum berkomentar soal kemungkinan ia maju. Namun jika ia memilih untuk terjun politik secara langsung, maka ini akan menjadi hal menarik. Bila menang ia akan mengikuti sejumlah selebritas yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai pejabat daerah seperti Dede Yusuf dan Dedi Miswar. 

Bila menang, ia juga akan menambah deretan anak muda yang menjadi pimpinan pejabat daerah. 

Teguh melihat Raffi Ahmad dan Dico itu merupakan fenomena baru di dalam kompetisi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Tengah.

Sebab, selama ini tokoh muda hingga kalangan artis melakukan pencalonan di Jawa Tengah sebagai anggota dewan, baik itu untuk DPRD maupun DPR RI. 

Namun Raffi tentu tidak bakalan mudah meraih dukungan tersebut mengingat ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono digadang-gadang jadi bakal salah satu cagub. Sudaryono dianggap punya sedugan pengalaman di bidang politik dan bisnis.  

"Kami berkomitmen dan menyatakan sikap untuk mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Sudaryono sebagai calon gubernur Jawa Tengah periode 2024-2029," kata Ketua PD Gemira Jateng, Nur Rois dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/3/2024). 

Persaingan ketat

Pilgub Jateng boleh dibilang bakal berlangsung ketat mengingat ini merupakan pertaruhan dari PDIP yang selama ini berkuasa di sana dengan kandidat-kandidat lain. 

Bila PDIP kalah, maka ini akan menjadi pukulan telak bagi partai Megawati Soekarnoputri itu. Maklum baik pilkada maupun pileg, dominasi PDIP belum terkalahkan. 

Namun yang menarik, pada Pilkada kali ini PDIP dan Jokowi ditengarai telah pecah kongsi. Artinya dukungan Jokowi di Pilgub Jateng bisa saja mempengaruhi suara calon dari PDIP. 

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap berjuang untuk mengusung Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori sebagai calon Gubernur pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

 

Pria yang akrab dipanggil Gus Yusuf tersebut di Temanggung, mengatakan komunikasi terus dilakukan dengan partai-partai lain untuk berkoalisi mengingat PKB tidak bisa mengusung sendirian pada kontestasi tersebut.

 

 

Menurut dia komunikasi politik dilakukan dengan semua partai politik. Beberapa waktu lalu misalnya pihaknya bertemu dengan ketua partai DPD PDIP Jateng dan Ketua DPD Partai Gerindra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement