Selasa 07 May 2024 15:53 WIB

Nusa Mandiri Innovation Center Sukses Gelar Sosialisasi Gemastik

Kegiatan bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia dalam bidang TIK.

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) berhasil menyelenggarakan Sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) yang ke-17.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) berhasil menyelenggarakan Sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) yang ke-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) berhasil menyelenggarakan Sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) yang ke-17. Acara ini berlangsung pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, pada Jumat (3/5/2024).

Tahun ini, Gemastik ke-17 mengangkat tema "TIK untuk Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Masyarakat Indonesia yang Sejahtera", dengan menghadirkan narasumber Taopik Hidayat, selaku PIC Bidang Prestasi Mahasiswa dan Ummu Radiyah selaku PIC Gemastik Nusa Mandiri Innovation Center.

Baca Juga

Fitra Septia Nugraha selaku kepala NIC mengatakan Gemastik merupakan program Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia dalam bidang TIK, baik selama masa studi maupun setelah lulus,” kata Fitra.

Sementara itu, Arif Hidayat wakil rektor II bidang non akademik Universitas Nusa Mandiri membuka acara dengan sambutan, menyampaikan pentingnya tema yang diangkat dalam Gemastik ke-17 ini sebagai refleksi bahwa TIK dan bisnis telah meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan.

“Di era saat ini, semua bidang tidak dapat lepas dari TIK, untuk itu pergunakan kesempatan ini sebagai ladang menggali ilmu pengetahuan dan mengasah keterampilan,” ujar Arif. 

Narasumber yang hadir secara lengkap menjelaskan secara detail ketentuan umum dan penjelasan dari divisi program yang dilombakan yakni Divisi 1: Pemrograman, Divisi 2: Keamanan Siber, Divisi 3: Penambangan Data, Divisi 4: Desain Pengalaman Pengguna, Divisi 5: Animasi, Divisi 6: Kota Cerdas, Divisi 7: Karya Tulis Ilmiah, Divisi 8: Pengembangan Perangkat Lunak, Divisi 9: Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IoT, Divisi 10: Pengembangan Aplikasi Permainan, Divisi 11: Pengembangan Bisnis TIK.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Arif berharap mahasiswa semakin memahami setiap divisi yang ada dan dapat dengan yakin memilih divisi yang sesuai dengan minat dan potensi mereka.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini dan berharap agar Gemastik ke-17 tahun 2024 dapat menjadi awal yang baik bagi kemajuan dan prestasi mahasiswa Indonesia di bidang TIK,” kata Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement