Sabtu 27 Apr 2024 09:31 WIB

Bukan Hanya Seru, Belajar Akuntansi Juga Banyak Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Perencanaan finansial yang baik adalah kunci untuk merencanakan masa depan stabil.

Perencanaan finansial yang baik adalah kunci untuk merencanakan masa depan yang stabil.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Perencanaan finansial yang baik adalah kunci untuk merencanakan masa depan yang stabil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kamu yang hobi dengan hitung menghitung, jurusan akuntansi menjadi passion yang pas buat kamu. Di jurusan akuntansi, kamu akan diajak untuk mengelola sebuah transaksi dengan melakukan pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang disajikan pada laporan keuangan. Namun, dibalik hitung menghitung, terdapat beberapa keseruan yang dapat dilakukan saat belajar akutansi. 

Berikut ini beberapa keseruan yang kita dapatkan ketika belajar akuntansi:

Baca Juga

1. Bijak dalam mengelola keuangan

Perencanaan finansial yang baik adalah kunci untuk merencanakan masa depan yang stabil. Dengan belajar akuntansi, kamu dapat merencanakan investasi yang cerdas, memaksimalkan pertumbuhan kekayaan, dan mencapai kebebasan finansial.

2. Belajar ketelitian

Akuntansi membutuhkan ketelitian dan akurasi, yang mungkin menjadi tantangan bagi sebagian orang. Kesalahan kecil dalam pencatatan dapat berdampak besar pada laporan keuangan dan analisis. Oleh karena itu, para Akuntan harus sangat cermat dalam mencatat setiap angka dan detail transaksi. 

Perhatian terhadap detail dan presisi adalah keterampilan penting bagi seorang akuntan. Dengan pelatihan dan pengalaman teliti, individu dapat mengembangkan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Menghitung pajak

Pajak merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Berbekal skill ilmu akuntansi, tentu menghitung pajak bukan menjadi hal yang susah. Dengan begitu, kamu dapat menghindari terjadinya sanksi atau denda karena kesalahan dalam menghitung pajak.

4. Mengelola bisnis

Mengelola bisnis merupakan proses menata bisnis yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan skala bisnis itu sendiri. Bagi para pebisnis, mengelola bisnis secara mandiri memang sulit, terutama jika tidak memiliki skill dalam menata keuangan yang baik.  

Berbekal ilmu akuntansi sangat berguna dalam mengelola bisnis. Dalam mengelola bisnis, kamu dapat mengetahui berapa banyak pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap bulannya. Maka dengan demikian, kamu dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis dan menghindari terjadinya kerugian.

Program Studi Akuntansi (S1) dan Sistem Informasi Akuntansi (D3) di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, menjadi pilihan ideal bagi generasi muda yang ingin belajar Akuntansi. Prodi ini siap mencetak lulusan akuntansi yang kompeten, berkualitas, dan siap beradaptasi dengan dunia usaha, industri, dan dunia kerja serta mahir digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement