Senin 22 Apr 2024 19:11 WIB

50 Lebih Warga Keracunan Makanan Hajatan Nikah, 2 Orang Meninggal Dunia

Dua korban yang meninggal merupakan tuan rumah yang menggelar hajatan nikah.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Keracunan makanan (ILUSTRASI). Keracunan massal dari makanan hajatan terjadi di Desa Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Dari kasus itu, 2 orang meninggal dunia.
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Keracunan makanan (ILUSTRASI). Keracunan massal dari makanan hajatan terjadi di Desa Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Dari kasus itu, 2 orang meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebut dua orang meninggal dunia akibat keracunan massal di Desa Cibodas, Kecamatan Cijati. Dua korban yang meninggal atas nama Solihin dan Rohiman yang merupakan warga yang menggelar hajatan pernikahan anaknya.

"Korban Rohiman meninggal di RSUD Pagelaran, sedangkan Solihin meninggal di rumah," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur dr Frida Layla Yahya, di Cianjur, Senin (22/4/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, saat ini 56 korban keracunan yang sempat menjalani perawatan di puskesmas setempat sudah pulang, dan tinggal lima orang yang menjalani perawatan karena masih mengeluhkan pusing dan mual. "Sebagian besar korban sudah pulang ke rumah karena kondisinya sudah kembali pulih, tinggal lima orang yang masih menjalani perawatan di puskesmas karena kekurangan cairan akut," katanya.

Kepala Puskesmas Cijati Linda mengatakan, pertama kali pihaknya menerima lima warga yang mengeluhkan pusing, mual, dan muntah pada Sabtu (20/4/2024) pagi, hingga Ahad (21/4/2024) petang banyak warga yang datang dengan keluhan yang sama, sehingga total 56 orang. Warga yang datang dari satu kampung itu mengeluhkan hal yang sama, setelah menyantap hidangan yang diberikan seorang warga yang menggelar hajatan pernikahan anaknya, termasuk warga yang menggelar hajat menjadi korban keracunan.

"Warga yang mengalami gejala keracunan sudah berdatangan sejak Sabtu (20/4/2024) pagi hingga Ahad (21/4/2024) petang dengan keluhan yang sama. Bahkan, tercatat warga yang menggelar hajat dan saudaranya, yakni Solihin dan Rohiman meninggal dunia," kata dia.

Dia menjelaskan, di wilayah selatan kebiasaan sehari sebelum hajatan sudah membagikan makanan pada warga sekitar. Warga yang mendapat makanan yang dibagikan lebih dulu mengalami keracunan, dan puluhan warga lainnya yang menyantap hidangan saat hajatan juga mengalami keracunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement