Senin 22 Apr 2024 07:10 WIB

Pertamina EP Jambi Berdayakan Orang Rimba Salurkan CSR Pendidikan  

Pendampingan kepada Orang Rimba dilakukan sebagai upaya mengurangi angka buta huruf.

Pendampingan kepada Orang Rimba atau suku anak dalam dilakukan Pertamina EP Jambi sebagai upaya mengurangi angka buta huruf.
Foto: GARUDAMAGAZINE.COM
Pendampingan kepada Orang Rimba atau suku anak dalam dilakukan Pertamina EP Jambi sebagai upaya mengurangi angka buta huruf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- PT Pertamina EP Field Jambi memberdayakan Orang Rimba atau Suku Anak Dalam di Kabupaten Batanghari dengan menyalurkan dana tanggung jawab sosial (CSR) bidang lingkungan.

“Kami wajib bantu warga setempat dan kali ini diantaranya bidang pendidikan dan kebudayaan dengan melakukan pendampingan ke anak-anak Suku Anak Dalam yang berada di Desa Pompa Air Kabupaten Batanghari, Jambi,” kata Field Manajer Pertamina EP Jambi Hermansyah dalam keterangan resminya diterima Senin (22/4/2024).

Baca Juga

Bentuk pendampingan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka buta huruf bagi masyarakat SAD. Selain itu terdapat juga program di bidang kesehatan dengan fokus mendampingi anak gizi kurang dan stunting.

Kegiatan yang dijalankan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT), peningkatan kapasitas bagi anggota kader serta dengan melakukan cek rutin bagi anak yang mengalami gejala tersebut. “Kami juga membantu warga di bidang ekonomi, terdapat pengembangan UMKM dengan melakukan pendampingan kelompok anyaman resam,” katanya.

Resam yang awalnya hanya gulma kini diolah menjadi anyaman menarik yang memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, terdapat juga program pertanian terpadu yang melibatkan kelompok tani di wilayah tersebut.

Keberadaan program pertanian terpadu tersebut menjadi salah satu program unggulan di Desa Pompa Air dimana salah satunya sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan.

Selain pada program Pemberdayaan Masyarakat, PT Pertamina EP Jambi Field juga memberikan bantuan dalam bentuk infrastruktur, diantaranya adalah perbaikan jalan, perbaikan Sekolah Dasar Negeri, Pembuatan Sekolah TK serta bantuan material rumah ibadah.

Program-program tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan mandiri, dimana hal tersebut juga sejalan dengan program pemerintah serta mendukung pelaksanaan SDG’s nomor 1, 3, 4, dan 15.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement