Ahad 21 Apr 2024 15:17 WIB

RSUD Purwakarta Buka Layanan Pasien TBC Kebal Obat  

TB kebal obat harus mendapat penanganan khusus yang terpisah dari TBC biasa.

TBC (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
TBC (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Purwakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, membuka layanan pasien tuberkulosis atau TBC yang mengalami kebal obat, karena memerlukan penanganan khusus yang terpisah dari penderita TBC biasa.

Ketua Tim Penanggulangan TBC RSUD Bayu Asih, Evan Rivana, di Purwakarta, Ahad (21/4/2024) mengatakan bahwa data yang diperoleh dari Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) RSUD Bayu Asih Purwakarta, sampai tahun 2023 terdapat 696 pasien dengan TBC, terdiri atas pasien TBC dewasa sebanyak 487 pasien dan 209 pasien TBC anak.

Baca Juga

Hasil pengobatan dari 696 pasien tersebut adalah 358 pasien pengobatan lengkap, 11 pasien sembuh total, 97 pasien putus berobat, meninggal 24 pasien dan yang kehilangan jejak atau tanpa keterangan sebanyak 206 pasien.

Dia mengatakan di antara pasien-pasien tersebut ada yang mengalami kebal obat atau resistensi obat yang dikenal dengan penyakit tuberkulosis resisten obat (TB-RO), yakni infeksi tuberkulosis yang menyerang tubuh disebabkan bakteri Mycibacterium Tuberculosis yang telah mengalami kebal obat akibat dari pengobatan yang tidak benar.

Ia menyampaikan, penyebab TB-RO adalah tidak teraturnya pasien dalam menjalani pengobatan dengan obat anti tuberkulosa (OAT) sesuai panduan. Penyebab lainnya adalah pasien berhenti secara sepihak dari pengobatan sebelum waktunya, tidak memenuhi anjuran dokter atau petugas kesehatan, gangguan penyerapan obat bahkan bisa disebabkan karena tertular dari pasien TB-RO lainnya.

Menurut Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bayu Asih dr Tri Muhammad Hani, MARS., MH(Kes), berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI, RSUD Bayu Asih Purwakarta telah ditunjuk sebagai pengampu pelayanan TBC. Bukti komitmen atas amanah dan tanggungjawab tersebut adalah RSUD Bayu Asih Purwakarta secara resmi telah membuka layanan untuk pasien TB-RO per tanggal 19 April 2024.

Pelayanan TB-RO yang diberikan oleh RSUD Bayu Asih adalah layanan rawat inap dan rawat jalan pada ruangan khusus karena memang kasus TB-RO ini harus mendapat penanganan khusus yang terpisah dari TBC biasa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement