Senin 08 Apr 2024 18:15 WIB

Kunjungi KM 58, Muhadjir: Sudah Disinggung Jangan Angkut Penumpang Berlebih

Muhadjir juga mengingatkan agar pengemudi dalam keadaan burgar.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Teguh Firmansyah
Suasana dilokasi kejadian kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek Km 58, Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Kecelakaan yang terjadi di jalur contraflow tersebut melibatkan dua minibus dan sebuah bus yang mengakibatkan 9 orang tewas dan 2 orang luka berat.
Foto: Republika/Prayogi
Suasana dilokasi kejadian kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek Km 58, Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Kecelakaan yang terjadi di jalur contraflow tersebut melibatkan dua minibus dan sebuah bus yang mengakibatkan 9 orang tewas dan 2 orang luka berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy secara tegas kembali mengimbau para pemudik untuk menaati aturan dalam berkendara selama melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2024. Salah satu poin yang dia tekankan soal kapasitas muatan penumpang.

“Sejak awal sudah kami singgung supaya sebelum berangkat dipersiapkan betul semuanya, jangan sampai mengangkut penumpang berlebihan, itu penting,” kata Muhadjir usai meninjau RSUD Karawang dan lokasi kecelakaan di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 58, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Selain kondisi kendaraan dan muatan penumpang, Muhadjir juga kembali menegaskan, pengemudi harus dalam keadaan bugar dan dapat berkonsentrasi penuh dalam mengendalikan kendaraan. Tidak hanya itu, Muhadjir meminta pemudik untuk menyediakan pengemudi cadangan sebagai antisipasi kelelahan yang berpotensi dialami oleh pengemudi utama.

“Pihak pengemudi juga harus dijaga betul kebugarannya, jangan sampai dalam keadaan lelah, dalam keadaan tidak bisa berkonsentrasi penuh mengendalikan kendaraan, dan diusahakan ada pengemudi cadangan sehingga bisa bergantian di tengah jalan,” kata Muhadjir.

Sebagaimana diketahui sebelumya telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan minibus dan satu bus antarkota di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 58 ke arah timur sekitar pukul 07.04 WIB di jalur contra flow.

Berdasarkan hasil tinjauan langsungnya di RSUD Karawang dan lokasi kejadian KM 58, Muhadjir menerangkan, kecelakaan itu merenggut 12 nyawa yang berada di dalam mobil Daihatsu Grand Max. “Sudah mendekati pasti, tadi sudah saya cek juga di ruang jenazah jumlah korban 12,” terang Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, para korban meninggal masih dalam proses identifikasi dan meminta keluarga korban yang merasa kehilangan untuk melapor ke posko mudik setempat. Bersamaan dengan itu, seluruh posko mudik juga akan digerakkan mencari tahu identitas kendaraan dan korban yang mengalami kecelakaan ini.

“Tidak perlu (persyaratan), pokoknya lapor saja di posko setempat. Nanti akan diperiksa oleh aparat, apa betul, benar tidaknya dia yang mengaku itu. Semakin banyak yang melapor, semakin cepat kita bisa menyelesaikannya,” ujar Muhadjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement