Jumat 11 Oct 2024 22:52 WIB

Di Kantor PP Muhammadiyah, Muhadjir Effendy Sebut Amich Alhumami Calon Menteri

Sekum Muhammadiyah menyebut nama Amich Alhumami beberapa kali dalam acara.

Deputi BAPPENAS Amich Alhumami Menko PMK Muhadjir Effendy dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Deputi BAPPENAS Amich Alhumami Menko PMK Muhadjir Effendy dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Muhadjir Effendy menghadiri Roundtable Discussion Reformasi Kaderisasi di Kantor PP Muhammadiyah Jakarta pada Jumat (11/10/2024). Saat memasuki Auditorium KH Ahmad Dahlan, Muhadjir bertemu Sekretaris Umum Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti dan Anggota Dewan Pakar Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Muhammadiyah Amich Alhumami (Cak Amich).

“Ini calon menteri,” ujar Muhadjir menggerakkan jemarinya mengarah kepada Cak Amich. “Saya calon mantan menteri,” lanjut Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi bisnis dan ekonomi.

Baca Juga

Ketika duduk bersama di hadapan hadirin, Muhadjir kembali menyebut Amich sebagai calon menteri untuk kedua kalinya. Setelah itu dia memaparkan rencana pengembangan amal usaha Muhammadiyah yang akan menguatkan bisnis retail dan pengelolaan tambang.

photo
Anggota Dewan Pakar MKSDI Amich Alhumami dan Sekum Muhammadiyah Abdul Muti berkomunikasi - (Erdy Nasrul/Republika)
 

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Muti menyebut Amich sebagai kader Muhammadiyah yang lama berkecimpung dalam perencanaan pembangunan, terutama terkait pembangunan pendidikan nasional. Belum lama ini, jebolan International Development Studies (IDS) University of Sussex Inggris tersebut meluncurkan desain Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang sudah dinantikan Presiden Joko Widodo.

Pada Kamis (10/10/2024) Amich bersama Kepala BAPPENAS Suharso Monoarfa, perwakilan sejumlah kementerian, meluncurkan Peta Jalan Pendidikan Nasional. Peta jalan ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan acuan strategis bagi kementerian/lembaga/daerah, serta pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Mas Amich kan di BAPPENAS, siapa yang setingkat direktur di sana yang kader Muhammadiyah?” tanya Mu’ti.

Di hadapan puluhan pimpinan majelis lembaga dan biro di lingkungan PP Muhammadiyah, Mu’ti menegaskan penguatan kaderisasi. Bahkan sedini mungkin, hal itu sudah dilakukan. “Seperti manajemen talenta yang belum lama ini diresmikan, ya Mas Amich” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.

Mu’ti juga menjelaskan kader Muhammadiyah harus tersebar di berbagai bidang: birokrasi pemerintahan, politik, swasta, dan lainnya. Mereka diharapkan membawa nilai-nilai kemuhammadiyahan ke lingkungan tempat mereka berkhidmah.

Wakil Ketua Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Islami (MKSDI) Irfan Islami menyebut Amich Alhumami sebagai salah satu kader terbaik Muhammadiyah. Irfan menilai, dari sisi kapasitas Amich layak jadi menteri pendidikan. "Beliau di Bappenas sudah deputi. Jadi dari sisi karir sudah layak, pasti melalui proses panjang," katanya.

Irfan berharap, pengisian Kementerian Pendidikan tidak hanya kedepankan sisi politik tapi profesionalisme. "Sehingga sejalan dengan keinginan beliau (Prabowo) yang ingin membentuk kabinet zaken."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement