Sabtu 06 Apr 2024 23:59 WIB

Survei Losta Institute: Elektabilitas Jhony Kamuru Unggul di Pilkada Kabupaten Sorong

Uthu mengatakan survei ini dilakukan pada 18 Maret 2024 sampai 24 Maret 2024.

Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Losta Institute merilis peta terbaru mengenai elektabilitas sejumlah tokoh potensial menjadi calon bupati Kabupaten Sorong di Pilkada 2024. Survei tersebut bertajuk "Dinamika Pilkada Kabupaten Sorong".

Direktur Losta Institute Uthu Munjung mengatakan Jhony Kamuru masih unggul dari nama-nama lain. Elektabilitas Jhonny unggul jauh dari nama-nama lainnya.

Baca Juga

"Elektabilitas Jhony Kamuru tidak tertandingi di Sorong," kata Uthu saat merilis hasil surveinya, dikutip pada Sabtu (6/4/2024).

Hasil surrvei yang dilakukan Losta Institute pada Bulan Maret 2024 menunjukkan popularitas tertinggi masih dimiliki oleh incumben Johny Kamuru. Jonny berada di angka 92.9 persen.

"Tingkat kesukan dari bapak Dr. Johny Kamuru dari  yang mengenal 92,2 persen menyatakan suka terhadap bapak Johny Kamuru sebanyak 89,3 persen," ujarnya.

Sementara itu dua tokoh potensial lainnya yaitu Musa Lazarus Malagam di angka popularitas 54.0 persen, dan Zeth Kadakolo dengan angka popularitas 52.9 persen. 

Sedangkan Tiga tokoh lainnya yang memiliki angka popularitas di bawah 50 persen, yaitu Alberto H Salossa, Frans Bothor Malak, dan Naomi Netty Howay. Johny juga menempati posisi teratas tokoh paling populer Pilkada Kabupaten Sorong 2024.

Dalam pertanyaan Top Of Mind elektabilitas, kata Uthu, Johny Kamuru, masih berada di posisi tertinggi, yakni 54,6 persen. Kemudian disusul oleh Musa Lazarus Malagam, dengan elektabilitas di angka 14,6 persen. Disusul dengan empat tokoh lainya dengan elektabilitas dibawah 5 persen yakni, Alberto H Salossa, Zeth Kadakola, Frans Bothor Malak, dan Naomi Netty Howay. 

Johny Kamuru juga unggul dalam simulasi 3 nama, dengan memperoleh angka 59.2 persen. "Bahkan dalam simulasi head to head, Johny Kamaru juga masih unggul," kata dia.

Sedangkan di urutan kedua ditempati oleh Musa Lazarus Malagam, dengan raihan angka 17,8 persen dan Zeh Kadakolo, di angka 4,8 persen. Dan jawaban Tidak tahu atau tidak menjawab 18,2 persen. 

Uthu mengatakan survei ini dilakukan pada 18 Maret 2024 sampai 24 Maret 2024 dengan metode multistage random sampling. Survei ini melibatkan 440 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 4,8 persen.

sumber : Web
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement