Rabu 03 Apr 2024 04:10 WIB

Sumpah Ali Khamenei Balas Serangan Udara Israel ke Konsultan Iran di Suriah

AS mengaku tak terlibat dalam serangan udara Israel ke konsulat Iran di Suriah.

Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.
Foto:

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Suriah menyebutkan serangan itu terjadi pada pukul 5 sore waktu setempat. Kementerian tersebut mengatakan pertahanan udaranya berhasil menjatuhkan beberapa rudal namun serangan tersebut menyebabkan "kehancuran total" bangunan konsulat Iran dan membunuh serta mencederai semua orang yang ada di dalamnya.

Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad, yang mengunjungi Kedutaan Besar Iran setelah serangan, mengutuk hal itu yang dia sebut sebuah "serangan teroris keji", dan menyalahkan Israel. Dalam percakapan telepon dengan Mekdad, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan serangan itu melanggar konvensi internasional.

"Israel “harus bertanggung jawab atas konsekuensinya," ujar Amir-Abdollahian.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani juga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan serangan itu bertentangan dengan Konvensi Wina 1961 dan mengatakan Iran berhak untuk merespons pada waktu dan tempat yang dipilihnya. Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut pasca serangan gencar Israel di Jalur Gaza.

Sebelumnya, ada laporan tentang kehadiran para pemimpin senior Palestina di gedung yang menjadi sasaran, termasuk pemimpin Jihad Islam Ziad al-Nakhaleh. Nakhaleh dan ketua Hamas Ismail Haniyeh diketahui berada di Teheran awal pekan ini untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin senior Iran.

 

 

sumber : Antara, IRNA-OANA, Anadolu, Sputnik

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement