Rabu 27 Mar 2024 20:23 WIB

Siswa SD Diberi Edukasi Ilmu Geospasial, Terutama Soal Peta dan Gempa Bumi, Ini Tujuannya

Edukasi diberikan untuk menginspirasi siswa-siswa terkait peranan profesi geodetic.

Siswa-siswa SD memperoleh penjelasan soal ilmu geospasial
Foto: Dok Republika
Siswa-siswa SD memperoleh penjelasan soal ilmu geospasial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Untuk menyebarkan pengetahuan tentang ilmu geospasial ke kalangan siswa, Sonar Academy sebagai bagian dari PT Sonar Nusantara Utama mengedukasi siswa Sekolah Dasar (SD). Yakni, dengan mendatangi SD Tarakanita 3 Jakarta. 

Esha E Saratoga dari PT Sonar Nusantara Utama dan tim Sonar Academy menyampaikan pemaparan mengenai ilmu geospasial, dengan fokus pada pemahaman peta dan gempa bumi. Presentasi ini dirancang, untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana ilmu geospasial memainkan peran penting dalam memahami dan mengelola informasi mengenai peta dan kejadian gempa bumi. 

Baca Juga

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada siswa-siswa terkait peranan profesi Geodetic Engineer," ujar Esha, dalam keterangan resminya, Rabu (27/3/2024).

Esha sebagai pembicara utama, membawa pengetahuan dan pengalamannya dalam dunia geospasial. Sehingga, menciptakan suasana yang interaktif dan penuh inspirasi. Menurut dia, geospasial bukan hanya sekedar peta, tetapi juga merupakan jendela yang membuka dunia informasi. "Ini memungkinkan kita untuk memahami dan merespons lingkungan kita dengan lebih baik. Termasuk dalam konteks kejadian gempa bumi," katanya. 

Siswa-siswa SD Tarakanita 3 Jakarta pun, diajak untuk mengeksplorasi berbagai aspek ilmu geospasial. Yakni, memberikan wawasan tentang peta sebagai alat visualisasi informasi spasial dan pengenalan konsep dasar gempa bumi.

Selain itu dalam pemaparan materi tersebut, Esha menjelaskan bahwa peran peta adalah sebagai alat visualisasi yang membantu kita menjelajahi dan memahami informasi spasial tentang letak geografis suatu daerah. Para siswa pun, diperkenalkan pada konsep dasar gempa bumi, menjelaskan bagaimana pergeseran energi di dalam bumi dapat menciptakan getaran tanah.

Melalui kegiatan interaktif, kata dia, siswa tidak hanya mengembangkan pemahaman tentang geospasial. Tetapi, juga menggali potensi pengetahuan yang dapat membantu mereka lebih memahami dunia sekitar dan melibatkan diri dalam eksplorasi ilmu pengetahuan.

"Selama sesi presentasi, tercipta keterlibatan aktif dari siswa-siswa SD Tarakanita 3 Jakarta. Mereka antusias mengajukan pertanyaan, memberikan respons positif terhadap materi yang disampaikan, dan menunjukkan ketertarikan dalam memahami dunia geospasial. Dengan bimbingan dari tim Sonar Academy, siswa pun diajak untuk berpikir kritis dan kreatif terkait topik geospasial," paparnya.

Pengalaman ini, kata dia, diharapkan dapat menginspirasi minat dan kecintaan siswa terhadap ilmu geospasial, membuka peluang bagi mereka untuk menjelajahi karier di bidang ini di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement